by

Panwascam Cisalak Gelar Sosialisasi Pileg Dan Pilpres 2019

Berita Subang.Olnewsindonesia,Senin(22/10)

Panitia pengawas pemilu kecamatan Cisalak gelar sosialisasi Pileg dan Pilpres 2019 yang bertempat di Desa Sukakerti pada Senin (22/10) dengan melibatkan unsur elemen masyarakat, organisasi Kepemudaan ( Pemilih Pemula ) Perwakilan dari tiap desa, serta unsur Pramuka kwaran sekecamatan cisalak.

Acara sosialisasi pemilu 2019 yang di gelar oleh Panwaslu kecamatan Cisalak menghadirkan narasumber dari oordinator Sekretariatan Bawaslu Kabupaten Subang,Euis Yulianti., S.Sos. bersama Staf Bawaslu dan panitia acara di antaranya., Yus Ruskanda.,S.IP (ketua) , Sopyan Iskandar.,S.Sos, ( divisi hukum dan penindakan pelanggaran ).,Septian Nugraha serta Jaja S.Stp.M.Si ( Ketua Sekretariat )

Kordinator Sekretariat Bawaslu Kabupaten Subang,Euis Yulianti dalam paparan materi di araca sosialisasi Pileg dan Pilpres 2019 menekankan agar tetap meningkatkan pengawasan partisipatif.

Foto :  Panwascam Cisalak bersama elemen masyarakat yang hadir dalam mengikuti acara Sosialisasi pemilu pileg dan Pilpres 2019.
Foto : Panwascam Cisalak bersama elemen masyarakat yang hadir dalam mengikuti acara Sosialisasi pemilu pileg dan Pilpres 2019.

“Maksud dari pengawasan partisipatif adalah Melibatkan masyarakat untuk menjadi manusia aktif memantau sekaligus mengawasi setiap tahapan pemilu yang berlangsung dalam lingkungannya,”papar Euis di hadapan para undangan.

Di tempat yang sama,Sopyan Iskandar., S.Sos, selaku Divisi Hukum dan Penindakan Pelanggaran menyampaikan materi di acara menghimbau bahwa setiap potensi kecurangan atau pelanggaran yang terjadi, masyarakat harus berperan aktif melaporkan ke pihak yang berwenang baik kepolisian maupun Panwas.

Sementara Yus Ruskanda ( ketua Panwascam ) dalam acara tersebut menjelaskan dan mengajak agar masyarakat memahami mekanisme pengawasan partisipatif ini untuk meningkatkan kemauan dan keaktifan masyarakat untuk melaporkan bila ada pelanggaran atau kecurangan yang ditemui.

“Memang membangun keberanian kesadaran dan partisipasi aktif masyarakat tersebut tidaklah mudah tapi ini merupakan salah satu kunci agar Pileg dan Pilpres berjalan aman dan lancar, maka diperlukan sosialisasi yang masif dengan berbagai stekholder masyarakat supaya tau tentang hak-hak politiknya, kesadaran masyarakat dan juga kedekatan komisioner atau anggota panitia dengan masyarakat menjadi kunci keberhasilan partisipatif.”ungkap Ketua Panwascam

Yus Ruskanda selaku Ketua Panwascam kecamatan Cisalak menghimbau kepada para peserta yang hadir maupun para ASN agar menghindari diri dari pelanggaran pidana pemilu agar pelaksanaan pemilu nanti berjalan aman dan lancar.

“Sesuai harapan kita semua agar Pemilu Legislatif dan Pilpres 2019 berintegritas dan selama pelaksanaan kampanye Pileg dan Pilpres 2019 saya menghimbau para ASN, kepala desa, BPD beserta perangkatnya dilarang dilibatkan dan atau terlibat langsung maupun tidak langsung dalam kampanye peserta pemilu dan termasuk melakukan pelanggaran tindak pidana pemilu.”tandasnya.

( gerry )

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.