Bupati Dan DPRD Karo Harapkan Melalui Akreditasi,Mutu Pelayanan Puskesmas Di Tingkatkan

Berita Karo.Olnewsindonesia,Senin(22/10)

Tim akreditasi surveyor dari Komisi Akreditasi Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) kementrian kesehatan RI, dr.Fia dewi auliani, MARS ,H Amri Madjid, SKM, dr Ahmad Ramadhan, MKM lakukan penilaian terhadap Puskesmas Barusjahe.

“Tim akreditasi akan bekerja melakukan penilaian di Puskesmas Barusjahe,mulai hari senin sampai hari Rabu (24/10), “ujar Fia selaku ketua tim akreditasi.

Hal ini dikatakan dr. Fia Senin (22/10) 2018 pukul 09. 00 WIB yang dihadiri oleh Bupati Karo Terkelin Brahmana didampingi anggota DPRD Karo Firman Firdaus Sitepu, Kepala Bappeda Ir.Nasib Sianturi, Msi, dr .Hartawati Br Tarigan Kepala dinas Pemberdayaan perempuan dan Anak, dr Arjuna Wijaya, S,Pp Direktur RSU Kabanjahe, Camat barusjahe Kalsium Sitepu Muspika Barusjahe, kepala Puskesmas UPTD Barusjahe dr Tetra Sakti Ginting, dan para pegawai Puskesmas Barus jahe.

Sementara di tempat yang sama,Bupati Karo Terkelin Brahmana mengatakan selamat datang kepada para tim survei, sebab kita tahu tim bekerja karena adanya amanat Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 75 Tahun 2014  bahwa setiap Puskesmas wajib untuk diakreditasi secara berkala paling sedikit tiga tahun sekali, inilah dasar sehingga Ibu/bapak sekalian bisa sekalian bertatap muka dengan kami disini semua, “kata Terkelin Brahmana diawali dengan mengucapkan Mejuah Juah saat memberikan sambutannya.

Ket foto : tampak  Muspika Kecamatan Barusjahe memberikan sambutan nya di hadapan Bupati Karo dan Tim Surveyor dari Kementrian Kesehatan RI  di Puskesmas Barusjahe Kabupaten Karo pada Senin (22/10) 2018.
Ket foto : tampak Muspika Kecamatan Barusjahe memberikan sambutan nya di hadapan Bupati Karo dan Tim Surveyor dari Kementrian Kesehatan RI di Puskesmas Barusjahe Kabupaten Karo pada Senin (22/10) 2018.

Sambung terkelin, Akreditasi merupakan salah satu persyaratan kredensial sebagai fasilitas pelayanan kesehatan tingkat pertama yang bekerjasama dengan BPJS, sebagaimana diatur dalam Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 71 tahun 2013 tentang Pelayanan Kesehatan Pada Jaminan Kesehatan Nasional. Dibalik itu berdasarkan penjabarannya tujuan umum dari akreditasi Puskesmas adalah Meningkatkan mutu layanan Puskesmas. “jelasnya.

Oleh sebab itu, proses penilaian eksternal oleh Komisi Akreditasi terhadap Puskesmas untuk menilai apakah system manajemen mutu dan system penyelenggaraan pelayanan dan upaya pokok sesuai dengan standar yang ditetapkan. Semua ini kami serahkan kepada tim yang ada, untuk menentukan kelayakannya, kami tahu tim akreditasi Puskesmas merupakan komisi yang memang sudah dilatih kusus menjadi penilai apakah sebuah Puskesmas lulus akreditasi atau tidak.”ujarnya.

Kadis kesehatan Kab. Karo drg Irna Safrina Meliala mengatakan sekilas saat memaparkan, adanya Tujuan utama akreditasi Puskesmas adalah untuk pembinaan peningkatan mutu, kinerja melalui perbaikan yang berkesinambungan terhadap sistem manajemen, sistem manajemen mutu dan sistem penyelenggaraan pelayanan dan program serta penerapan manajemen risiko, dan bukan sekedar penilaian untuk mendapatkan sertifikat akreditasi, ” ujarnya.

Sedangkang tujuan khususnya antara lain, memacu Puskesmas untuk memenuhi standar yang ditetapkan, menetapkan strata akreditasi Puskesmas yang telah memenuhi standar yang ditentukan, memberikan jaminan kepada petugas Puskesmas bahwa pelayanan yang diberikan telah memenuhi standar yang ditetapkan, memberikan jaminan kepada pelanggan/masyarakat bahwa pelayanan yang diberikan oleh Puskesmas telah sesuai standar. Dan terbinanya Puskesmas dalam rangka memperbaiki sistem pelayanan, mutu dan kinerja, “pungkas drg Irna.

Anggota DPRD Karo Firman Firdaus Sitepu angkat bicara, jika ditelisik keberadaan Puskesmas seperti yang diutarakan diatas akan diakreditasi dan memacu pelayanan dan mutu Puskesmas, harapan saya utamakan pelayanan kepada masyarakat dalam penanganan kesehatan, apalagi yang datang berobat yang sudah usia lansia, kasihan jika tidak dilayani dan kalau dilihat dari tujuan khusus dan tujuan umumnya memang sangat mulia sekali, tugas Puskesmas. Jadi tidak ada alasan pelayanan tidak baik, harus baik dan untuk masyarakat luas, “tegas Firdaus.

Bisa dikatakan ini sebagai perbaikan lini pelayanan kesehatan pertama yang berhadapan dengan masyarakat, karena saat ini Puskesmas masih menjadi tempat layanan umum yang diminati masyarakat luas. Semoga dengan adanya akreditasi ini akan membuat kelas Puskesmas menjadi lebih baik dari sebelumnya, “imbuhnya.

(david)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *