by

Desak Menteri PUPR Atasi Macet Jalan Medan-Berastagi

Berita Karo.OLNewsindonesia,Jum’at(21/02)

DPRD Sumut, Pemkab Karo dan DPRD Karo sepakat menemui Menteri PUPR (Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat) di Jakarta guna mendesak pengalokasian pembangunan jalur sejajar jurusan Berastagi – Sibolangit – Tuntungan – Medan di APBN, untuk mengatasi kemacetan jalan utama Medan – Berastagi yang semakin parah.

Kesepakatan tersebut diputuskan dalam pertemuan Ketua DPRD Sumut Drs Baskami Ginting, Bupati Karo Terkelin Brahmana, SH dan Ketua DPRD Karo Iriani Br Tarigan Jumat (21/02) 2020 pukul 12.30 WIB di ruang kerja Ketua DPRD Sumut.

“Dari laporan Ketua Komisi D DPRD Sumut kepada pimpinan dewan, telah menjadwalkan rapat dengar pendapat dengan Pemprov Sumut Cq Dinas BMBK (Bina Marga dan Bina Konstruksi), Balai Besar Pemeliharaan Jalan Nasional (BBPJN) Wilayah II Sumut, Bupati Karo, Bupati Deliserdang dan DPRD Karo pada awal Maret ini, guna membahas rencana pembangunan jalur sejajar tersebut,” ujar Baskami.

Ket foto  : Ketua DPRD Sumut Baskami Ginting, Bupati Karo Terkelin Brahmana SH dan Ketua DPRD Karo Iriani Tarigan sepakat untuk mendesak Menteri PUPR Pusat Atasi Kemacetan Saat berdialog di ruang kerja Ketua DPRD Sumut Medan, Jumat (21/02) 2020 (Ist).
Ket foto : Ketua DPRD Sumut Baskami Ginting, Bupati Karo Terkelin Brahmana SH dan Ketua DPRD Karo Iriani Tarigan sepakat untuk mendesak Menteri PUPR Pusat Atasi Kemacetan Saat berdialog di ruang kerja Ketua DPRD Sumut Medan, Jumat (21/02) 2020 (Ist).

Untuk tahap selanjutnya, ujar Baskami yang juga politisi PDI Perjuangan Sumut ini, Komisi D bersama sejumlah instansi diatas akan melakukan peninjauan ke lokasi rencana pembangunan jalan sejajar Berastagi -Sibolangit-Tuntungan-Medan dan menemui Menteri PUPR di Jakarta, untuk mengusulkan pengalokasian anggarannya ditampung di APBN 2021 atau di P-APBN 2020.

“Jadi, kita di lembaga legislatif sangat mendukung rencana membuka jalur sejajar tersebut, karena sangat dibutuhkan masyarakat, mengingat jalan utama Medan – Berastagi saat ini sudah tidak mampu lagi menampung arus kendaraan, sehingga kerap menimbulkan kemacetan yang sangat parah,” tandas Baskami.

Sebelumnya Bupati Karo Terkelin Brahmana dan Ketua DPRD Karo Iriani Br Tarigan mengharapkan adanya kolaborasi antara DPRD Sumut, Pemkab Karo, DPRD Karo, Pemprov Sumut dan BBPJN Wilayah II Sumut untuk memperjuangkan pembangunan jalan sejajar ini ke Pemerintah Pusat dalam hal ini Kementerian PUPR di Jakarta.

“Usulan pembangunan jalan sejajar ini sangat mendesak, untuk mengatasi kemacetan jalur utama Medan-Berastagi yang semakin hari semakin parah dan meresahkan masyarakat, sehingga besar harapan Pemkab dan DPRD Karo, agar DPRD Sumut bersama Pemprov Sumut ikut mendukungnya,” ujar Bupati Karo.

Menurut Bupati Karo, berkas-berkas usulan pembangunan jalan sejajar ini telah disampaikan ke Gubernur Sumut Edy Rahmayadi maupun DPRD Sumut, hendaknya bisa disahuti agar terketuk hati pemerintah pusat merealisasikannya sebagai solusi tercepat mengatasi kemacetan.

Dari hasil survey kita ke lapangan, jalur sejajar Berastagi – Sibolangit – Tuntungan-Medan ini panjangnya mencapai 55,8 Km, persis sejajar dengan jalur utama Medan-Berastagi dan sangat strategis sebagai jalur akses ke Danau Toba sebagai Kawasan Pariwisata Strategis Nasional,” tandas Bupati Karo.

Kondisi jalan saat ini, tambah Bupati Karo, jalan sepanjang 55,8 Km tersebut telah dibuka dan sebahagian sudah diaspal beton dari simpang Tuntungan – Sibolangit dan bisa tembus ke Bumi Perkemahan Pramuka Bandarbaru. Akan tetapi belum tersambung dari Sibolangit ke – Berastagi (masih jalan tanah) yang panjangnya lebih kurang 6 Km, karena berada dalam kawasan hutan.

Untuk menindaklanjutinya, Pemkab Karo sangat berharap adanya dukungan dari DPRD Sumut, agar Dinas BMBK Sumut terus melanjutkan study pembangunan jalan sejajar dimaksud dari Bumi Perkemahan Pramuka Sibolangit Deliserdang menuju Berastagi, agar akses jalan itu bisa segera mengatasi kemacetan jalur utama Medan-Berastagi.

Selain itu, tambah Terkelin, untuk pelepasan atau pinjam pakai kawasan hutan sepanjang 6 Km tersebut, diharapkan dapat segera disetujui, sehingga jalur sejajar bisa segera dibangun dan dimulai pada 2021, agar lalu-lintas masyarakat dari 6 kabupaten (Karo, Dairi, Pakpak Bharat, Humbahas, Deliserdang dan sebagian Provinsi Aceh) bisa kembali lancar.

Hal serupa dikatakan Ketua DPRD Karo Iriani Br Tarigan, pihaknya selalu mendukung program Pemda Karo, apalagi terkait akses pembukaan jalan sejajar, untuk mengatasi kemacetan yang selama ini kerap terjadi,”ujarnya.

Dengan demikian, pihak DPRD Karo kedepan akan siap memberikan dukungan bergandengan tangan bersama Pemda Karo baik ketingkat Provinsi dan Pusat, dirinya akan tetap hadir dan selalu mengikuti segala perjuangan tersebut sampai tergolong,”ucapnya.

(David)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.