by

Rangkaian Debat Publik Pilkada Kab Minahasa Telah Berakhir

Tondano OLNews Indonesia – Kamis (21/6)

Tinggal 1 minggu lagi masyarakat Minahasa akan menentukan pilihannya siapa yang memimpin pemerintahan Kabupaten Minahasa untuk 5 tahun ke depan.

Ivan Sarundajang dan Cawabup Careig Runtu Dan Paslon Nomor 2 Cabup Royke Roring Cawabup Robby Dondokambey
Ivan Sarundajang dan Cawabup Careig Runtu Dan Paslon Nomor 2 Cabup Royke Roring Cawabup Robby Dondokambey

KPU Kab. Minahasa sebagai penyelenggara Pilkada Minahasa untuk hal itu melaksanakan Debat Publik ketiga atau terakhir bagi Calon Bupati (Cabup) dan Calon Wakil Bupati (Cawabup) yaitu terhadap Pasangan Calon (paslon) Nomor Urut 1 dan Nomor Urut 2 di Hotel Mercure di daerah Tateli Minahasa, Rabu (20/6).

Pendukung Paslon Nomor 1 menyaksikan debat diluar gedung melalui televisi
Pendukung Paslon Nomor 1 menyaksikan debat diluar gedung melalui televisi

Ribuan pendukung kedua paslon dari pagi terus berdatangan sehingga membuat kemacetan yang panjang dari kedua arah di jalan trans sulawesi itu. Masing-masing dengan seragam mereka yang dominan warna kuning bagi paslon nomor 1 dan dominan warna merah bagi paslon nomor 2.

Pendukung Paslon Nomor 2 menyaksikan debat melalui televisi diluar gedung
Pendukung Paslon Nomor 2 menyaksikan debat melalui televisi diluar gedung

Pantauan OL News Indonesia panitia telah menyediakan dua tenda secara terpisah di dua sisi bagian luar gedung pelaksanaan debat beserta televisi layar lebar untuk disaksikan oleh masing-masing pendukung paslon yang tidak dapat masuk, namun tenda tidak mencukupi untuk menampung para pendukung yang berjumlah ribuan.

Kedua pendukung paslon saling berhadapan meneriakan yel-yel mereka, dijaga ketat oleh aparat yang bertugas
Kedua pendukung paslon saling berhadapan meneriakan yel-yel mereka, dijaga ketat oleh aparat yang bertugas

Debat didalam gedungpun berlangsung meriah apalagi masing-masing pendukung berusaha terus menyemangati paslonnya sehingga bebeberapa kali ditegur moderator Dr Fitri Mamonto Sag MAP.

Tema debat adalah “Reformasi Birokrasi, Pelayanan Publik, Tata Kelola Pemerintahan, Penegakan Hukum dan Pemberantasan Korupsi”, dilaksanakan sekitar dua jam. Jawaban-jawaban yang lugas berusaha disampaikan Paslon Nomor 1 Cabup Ivan Sarundajang dan Cawabup Careig Runtu. Demikian juga Paslon Nomor 2 Cabup Royke Roring Dan Cawabup Robby Dondokambey berusaha menjawab semua pertanyaan dengan baik.

Pakar yang ditugaskan dalam debat ini yaitu Dr Goinpeace Tumbel, Dr Ferry Liando dan Toar Palilingan SH MH. Hadir dalam debat terakhir ini Penjabat Bupati Minahasa Drs Royke Mewoh DEA, Sekda Jeffry Korengkeng SH MH, Kapolres Minahasa AKBP Chris Pusung, Dandim 1302 Minahasa Letkol Inf.Jubert Nixon Purnama, Komisioner KPU Sulut Meidy Tinangon SSi MSi dan Komisioner KPU Minahasa. Juga hadir Asisten I Setdakab Minahasa Dr Denny Mangala MSi dan beberapa jajaran Pemkab Minahasa.

Pengamatan OL News Indonesia selama debat berlangsung situasi diluar gedung sangat ramai dengan berkumpulnya massa pendukung masing-masing paslon yang tidak berhenti berteriak memberi dukungan.

Sempat kedua pendukung sudah berhadap-hadapan menerikan yel-yel mereka. Situasi panas ini dengan sigap diantisipasi oleh petugas dengan memberi batas agar tidak terjadi bentrok fisik. Petugas yang berjaga-jaga tampak anggota Kodim 1302 Minahasa, Polres Minahasa, Kodim Manado, Polres Tomohon, Polres Manado dan Ormas Adat LMI.

Selesai debat ini KPU Kabupaten Minahasa akan beralih fokus kepada pelaksanaan kampanye terbuka yang terakhir sebelum masa tenang di Langowan tanggal 22 Juni untuk Paslon Nomor 2, dan tanggal 23 Juni untuk Paslon nomor 1.

Kemudian KPU setelah itu akan fokus juga pada hari pencoblosan dan tahapan selanjutnya hingga pleno penetapan pasangan calon terpilih. “Mohon dukungan semua masyarakat Minahasa untuk membantu menciptakan suasana kondusif, khususnya bagi semua jajaran KPU Minahasa yang ada di kecamatan hingga desa atau kelurahan. Marilah kita bekerja sama untuk mensukseskan pesta demokrasi ini,” kata Ketua KPU Kabupaten Minahasa Dra Wisye Wilar.

AWK

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed