by

Pelatihan Menyelam Diikuti Warga Kepulauan Seribu

Berita Jakarta, Berita Online Indonesia Di Online News Indonesia, www.olnewsindonesia.com

Suku Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (Sudin KPKP) Kepulauan Seribu menyelenggarakan pelatihan menyelam yang diikuti 15 pemuda putra dan putri dari enam kelurahan di Kepulauan Seribu. Kegiatan ini mengambil lokasi di Pulau Pramuka.

Kepala Sudin KPKP Kepulauan Seribu, Devi Lidya mengatakan, pelatihan menyelam merupakan kegiatan strategis daerah (KSD) 46 dari Dinas KPKP DKI Jakarta. Kegiatan juga dalam rangka meningkatkan kesadaran menjaga kelestarian alam laut.

“Materinya tentang Kepulauan Seribu adalah daerah laut dan daerah konservasi. Kami berharap konservasi bisa berdampingan dengan pariwisata,” ujarnya, Rabu (20/7).

Dijelaskan Devi, kegiatan pelatihan tediri dari materi kelas dan praktik. Peserta dalam materi praktik diajak langsung melihat kondisi biota bawah laut sebagai upaya membangun kesadaran dan pemahaman pentingnya konservasi alam laut.

“Setelahnya kita berharap mereka bisa aktif melakukan kampanye hingga pendampingan kepada publik untuk melakukan konservasi,” tegasnya.

Kepala Bagian Perekonomian Pembangunan Sekretariat Kota Kepulauan Seribu, Endro M Wibowo menyampaikan, sebagai langkah awal, para peserta pelatihan selam diharapkan dapat menjaga kebersihan lingkungan, terutama kebersihan area laut.

Lebih lanjut, Endro berharal setiap orang yang datang ke Pulau Seribu tentunya tidak hanya menikmati keindahan alam di atas permukaan air, namun juga menikmati keindahan alam di bawah air.

“Kegiatan pelatihan menyelam ini merupakan pendukung dari semua kegiatan pariwisata,” tandasnya.

JMY