by

Peringati Harkitnas Ke 111,Bupati Samosir Ajak Indonesia Bersatu

Berita Samosir.OLNewsindonesia, Senin (20/5)

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Samosir Sumatera Utara, memperingati Hari Kebangkitan Nasional yang ke-111, bertempat di Tanah Lapang Onan Lama, Pangururan Samosir, Senin (20/5)

Bertindak sebagai inspektur upacara, Bupati Samosir Drs.Rapidin Simbolon MM, yang diikuti oleh Wabup Samosir Ir.Juang Sinaga, Kapolres Samosir AKBP.Agus Darojad S.I.K, M.H , Ketua DPRD Samosir Rismawaty Simarmata, Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemkab Samosir, TNI/Polri serta siswa/i SD dan SMP.

Foto : Para Forkompinda kab.Samosir serta ASN turut hadir di apel Harkutnas ke 111 di tanah lapang Pangururan.
Foto : Para Forkompinda kab.Samosir serta ASN turut hadir di apel Harkitnas ke 111 di tanah lapang Pangururan.

Rapidin Simbolon dalam sambutannya yang dikutip dari surat Menkominfo RI, Rudiantara, mengajak seluruh masyarakat menjadikan peringatan Harkitnas ini sebagai moment membangkitkan rasa persatuan, agar bangsa yang besar ini mampu terus menghidupi semangat persatuannya selama berabad-abad. Sumpah Palapa,merupakan embrio paling kuat bagi janin persatuan dan kesatuan Indonesia, katanya.

“Nusantara disatukan oleh Gajah Mada telah menjadi acuan bagi perjuangan berat pahlawan nasional kita untuk mengikat wajah Indonesia secara de jure terwujud dalam NKRI saat ini,” kata Rapidin

Apalagi saat ini kita berada dalam situasi pasca pesta demokrasi yang menguras energi dan emosi sebagian besar masyarakat.

“Alhamdulillah, sampai saat ini tahapan pesta demokrasi tersebut dapat berjalan lancar dan aman. Ini tiada lain berkat pengorbanan banyak saudara-saudara kita yang menjadi anggota kelompok penyelenggara pemungutan suara, bahkan berupa pengorbanan nyawa,”ungkapnya.

Dia mengatakan, telah lebih satu abad kita menorehkan catatan penghormatan dan penghargaan atas kemajemukan bangsa yang ditandai dengan berdirinya organisasi Boedi Oetomo.

Kemajemukan bahasa, suku, agama, kebudayaan dibentang geografis merupakan salah satu yang paling ekstrem namun kita mampu membuktikan untuk menjaga persatuan sampai detik ini.

“Oleh karena itu, tak diragukan lagi bahwa kita pasti akan mampu segera kembali bersatu dari kerengganan perbedaan pendapat, dari keterbelahan sosial dengan memikirkan kepentingan yang lebih luas bagi anak cucu bangsa ini, yaitu persatuan indonesia,” ungkapnya.

Tak hanya itu, peringatan Harkitnas kali ini juga dilangsungkan dalam suasana bulan ramadan.

Bagi umat muslim, jadikanlah bulan suci ini untuk kita mengejar pahala dan meninggalkan perbuatan-perbuatan yang dibenci Allah SWT seperti permusuhan, penyebaran kebohongan dan fitnah, Indonesia Bangkit, Indonesia bersatu ujar Rapidin.

(JuntakStar)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed