by

Di Atas Lahan 3,6 Ha Milik Pemkab Karo Akan Di Bangun RSU Kabanjahe

Berita Karo.OLNewsindonesia,Senin(20/05)

Keseriusan Pemerintah Kabupaten Karo dalam hal pembangunan RSU Kabanjahe mulai tampak. Salah satunya dengan segera membuat perencanaan pembangunan gedung baru di lokasi yang telah disediakan oleh Pemkab Karo dengan luas lebih kurang 3.6 Ha di Desa Rumah Kabanjahe, Kec Kabanjahe Kab. Karo.

Hasil konsultasi dan arahan dari pihak Kemenkes RI bidang Sarana dan Prasarana, dengan menganjurkan Pemda Karo melalui Rumah Sakit Umum (RSU) Kabanjahe, supaya segera melakukan studi banding ke Rumah Sakit yang memenuhi standard Akreditasi Rumah Sakit dan syarat pelayanan kesehatan. Untuk itu RSU Sanjiwani Kabupaten Gianyar Denpasar Bali, adalah RSU yang menjadi pilihan tepat sesuai petunjuk bidang Sarana dan Prasarana Kementerian Kesehatan RI.

Ket foto : Bupati Karo Terkelin Brahmana SH, didampingi Ny Sariati Sitompul, Kadis Kesehatan drg. Irna Safrina Meliala bersama rombongan dari Kabupaten Karo saat bertatap muka dengan Direktur RSU Sanjiwani Gianyar Bali dan jajaran nya di RSU Sanjiwani Gianyar, Jumat (17/05) 2019
Ket foto : Bupati Karo Terkelin Brahmana SH, didampingi Ny Sariati Sitompul, Kadis Kesehatan drg. Irna Safrina Meliala bersama rombongan dari Kabupaten Karo saat bertatap muka dengan Direktur RSU Sanjiwani Gianyar Bali dan jajaran nya di RSU Sanjiwani Gianyar, Jumat (17/05) 2019

Dasar petunjuk ini, kami melakukan setudi banding ke RSU Sanjiwani Gianyar, Jumat (17/05) 2019 saat berada di Denpasar. “Kata Direktur RSU Kabanjahe Dr Arjuna Wijaya dan ikut hadir Bupati Karo Terkelin Brahmana SH, Ketua TP PKK Kab Karo Ny. Sariati Terkelin Brahmana, kepala Bappeda Ir Nasib Sianturi Msi, Kadis Kesehatan Drg. Irna Safrina Meliala,M, Kes ,dr. Johanis Sitepu, M. Kes Pejabat Pembuat komitmen RSU, Ida Kabid LHK, Agnes Hiasanta Br Tarigan, SKM, kepala Tata Usaha RSU, Hiskia Erikson Sebayang pejabat Pengadaan RSU , Magraniy Br Perangin Angin , SKM, Kabid Data dan perencanaan, Bendahara pengeluaran RSU Noralista.

Menurut Arjuna sesuai dengan Informasi dari Kementerian Kesehatan RI bahwa pembangunan Rumah Sakit Umum Daerah Sanjiwani Gianyar sudah memenuhi standar Akreditasi,bahkan dana digelontorkan untuk pembangunan RSU tersebut, inilah alasan kami mengikuti arahan dari Kemenkes, agar kita juga disetujui Anggaran nya, ” imbuhnya.

Diawali dalam penyambutan oleh Direktur RSU Sanjiwani Gianyar , Bupati Karo Terkelin Brahmana SH menyampaikan terima kasih telah menyambut kami dengan baik , dapat dijelaskan bahwa rombongan studi banding dari pemerintah Kabupaten Karo ini bertujuan untuk melihat perencanaan dan struktur ruang pembangunan rumah Sakit Umum Daerah sesuai arahan Kementerian Kesehatan RI, ” ujarnya.

Selain itu, dalam kesempatan ini kami dapat melihat secara langsung pembangunan fisik, desain kultural-nya memiliki kearifan lokal setempat, seperti ini akan kami adopsi kedepan untuk rencana pembangunan RSU Kabanjahe,” imbuhnya.

Kuat alasan rencana RSU Kabanjahe akan dibangun di lokasi lahan baru, karena, lahan yang lama sekarang ini, adalah milik moderamen GBKP, selanjutnya pihak GBKP sebelumnya telah memberikan pinjam pakai kepada Pemkab Karo,sesuai hak alas Tanah HGB No. 316, ” terangnya.

Untuk itulah, kami ingin membangun RSU Kabanjahe, namun demikian kami membutuhkan informasi dan pedoman dari pihak RSU Sanjiwani Gianyar, semoga dapat bermanfaat bagi kami seterusnya dalam menatakelola RSU khususnya,” kata Terkelin.

Sementara direktur RSU Sanjiwani Gianyar dr. Ida Komang Upeksa mengungkapkan mengapresiasi atas kedatangan rombongan Bupati Karo, yang begitu antusias dan bersahabat walaupun baru pertama kali ini kami jumpa, tapi beliau cepat berinteraksi dalam mendengarkan penjelasan awal mula RSU Sanjiwani Gianyar telah lulus Akreditasi, “ungkapnya.

Di lain waktu, kami pihak RSU Sanjiwani Gianyar jika ada kesempatan akan berkunjung ke Pemda Karo untuk lebih erat menjalin hubungan, sebab menurut pak Bupati Karo tadi, daerah Bali hampir memiliki kesamaan dalam parawisata dengan Kab . Karo, ” ujarnya.

Ket foto : Bupati Karo Terkelin Brahmana SH saat menerima Cindramata dari Direktur RSU Sanjiwani Gianyar Bali, Pada Jumat (17/05) 2019
Ket foto : Bupati Karo Terkelin Brahmana SH saat menerima Cindramata dari Direktur RSU Sanjiwani Gianyar Bali, Pada Jumat (17/05) 2019

Sedangkan kepala Bappeda Ir Nasib Sianturi Msi mengemukakan, kami sudah layangkan proposal ke Kemenkes RI tahun 2019 ini untuk meminta dana sebesar 57 miliyard agar RSU Kabanjahe dapat kita bangun melalui dana Kemenkes RI, nantinya,” ucapnya.

Jumlah dana yang disetujui kita belum tahu, tapi kita berharap mudah mudahan dana tersebut cukup untuk membangun RSU Kabanjahe beserta fasilitas yang lainnya diatas lahan 3.6 hektare untuk mengimbangi RSU Sanjiwani Gianyar yang sudah dibangun diatas lahan 2 hektar dengan dana Kemenkes RI, ” tandasnya.

Mulai tahun ini pemerintah Kabupaten Karo juga akan berbenah melakukan pembangunan fisik di lahan yang baru,
sehingga dengan turunnya bantuan dari Kementerian Kesehatan pada tahun 2020 akan mempercepat terwujudnya RSU Kabanjahe yang baru, “pungkasnya.

(David)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.