Desa Raya ‘Seribu Bunga’ Kategori Desa Terbaik Dari Pemerintah Pusat

Berita Tanah Karo Online News Indonesia, Selasa (20/11)

Bupati Karo Terkelin Brahmana SH, didampingi Asisten 1 Drs. Suang Karo Karo,Kadis DPMD Abel Tarigan, Ir. Nasib Sianturi, MSi, Kadis PU PR Ir. Paten Purba melakukan pengecekan kebun bunga milik salah satu warga T. Ketaren di Desa Raya , hal ini diungkapkan Bupati Karo, pada Senin (19/11) 2018 pukul 16.00 wib di Desa Raya Kec amatan Berastagi Kabupaten Karo.

Pengecekan ini, dijelaskan Terkelin ingin melihat Desa Raya yang sekarang ini hampir masyarakat Karo tahu bahwa desa Raya Kecamatan Berastagi Kabupaten Karo dapat disebut Desa ‘Seribu Bunga’ selain namanya Desa Raya, ” ujarnya.

Pemda Karo cukup bangga, karena Desa Raya dengan julukan Desa ‘Seribu Bunga’ masuk nominasi kategori Desa terbaik di seluruh Indonesia, dari 33 (tiga puluh tiga) Provinsi yang ada.

Hal ini dikatakan Bupati Karo karena dari direktorat jenderal pembangunan dan pemberdayaan masyarakat desa, Kementerian desa, PDT dan transmigrasi, sudah memberitahukan ke Pemda Karo secara tertulis sesuai nomor surat :1143/Hm.07/XI/2018 tanggal. 9 november 2018 tentang pemberitahuan 33 daerah yang berhak menerima penghargaan desa terbaik berdasarkan pengukuran IDM (Indeks Desa Membangun) tahun 2018, “sebut Bupati disela sela taman bunga milik warga di desa Raya tersebut .

Semua ini patut kita bersyukur dan apresiasi, dimana selain kategori pembangunannya merata dengan Dana Desa (DD) , dan penghasil bunga sebagai mata pencarian warga raya cukup membuat desa Raya mengantarkan ke pemerintah pusat dapat masuk nominasi desa terbaik perwakilan salah satu dari provinsi Sumut, Versi kementerian Desa, PDT dan Transmigrasi, ” kata Terkelin menambahkan.

Selain itu, Kab Karo sudah beberapa kali mentorehkan prestasi yaitu prestasi gerakan Revolusi mental masuk 5 (lima) besar seluruh Indonesia, prestasi layak pemuda dari Kemenpora juga Kab . Karo masuk 20 besar Kab /Kota seluruh Indonesia , ini semua atas dukungan segenap lapisan masyarakat Karo, Stakeholder, pemangku kepentingan, lintas agama dan lintas adat, ” terangnya.

Lanjutnya, penerimaan penghargaan desa terbaik yang diselenggarakan oleh kementerian desa, jadwalnya belum ditentukan direktorat jenderal pembangunan dan pemberdayaan masyarakat desa, kapan akan digelar di Jakarta, hanya kita tetap menunggu informasi selanjutnya,mudah mudahan dalam waktu dekat ini, ” harap Bupati.

Sementara earga desa Raya alias desa ‘Seribu Bunga’ T. Ketaren menyebutkan, berterima kasih kepada Pemda Karo, dimana tidak terlepas Pemda Karo juga ikut mendukung kepemerintah pusat sehingga desa Seribu Bunga dapat menjadi desa terbaik, ” ujar Ketaren.

Saya berharap selaku warga, mudah mudahan Pemda Karo terus berkarya memajukan desa desa lain sehingga bukan desa Raya saja yang dapat predikat terbaik tapi desa lain juga layak diberikan oleh pemerintah pusat sebagai desa terbaik, ditahun tahun berikutnya.

Dimana untuk meningkatkan keunikan bunga yang ada didesa Seribu Bunga alias desa Raya agar Pemda Karo membantu kedepannya apa yang dapat diperhatikan terkait bunga, supaya eksis mendukung baik pengelolaannya melalui mendirikan Bumdes nantinya, ” akhir Terkelin Brahmana SH.

(David)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *