Dinas PUPR : Kalau Tidak Ada Drainase Jalan Tersebut Pasti Rusak Kembali

Berita Karo.OLNewsindonesia.Kamis(19/08/21)

Semangat kebersamaan yang ditunjukkan warga Desa Semangat Kecamatan Merdeka Kabupaten Karo ini patut diapresiasi dalam hal bergotong royong memperbaiki jalan yang berlubang dan becek, terlebih, dalam kondisi saat ini tengah memasuki musim hujan,yang mana Warga secara bersama sama membenahi sejumlah titik jalan yang rusak cukup parah dan tergenang air,dengan menimbun Tanah Sirtu,Kamis (19/08.2021).

Bapak Marki Tarigan, warga setempat mengatakan masyarakat berinisiatif untuk bergotong royong bersama menimbun titik titik jalan yang rusak di sepanjang jalan Udara Ujung ini karena merupakan akses utama masyarakat untuk meningkatkan perekonomian di wilayah Kecamatan Merdeka ini, bila kita menunggu perhatian dari pihak yang terkait ,mungkin butuh waktu lama dam belum tentu sesuai harapan datangnya,” katanya.

Bapak Marki ini kembali mengatakan,” maka dari itu masyarakat disini melakukan perbaikan jalan ini dengan bergotong royong, saya pun bangga atas kerjasama warga setempat yang berpartisipasi, maupun kepada anggota teman teman yang lainnya yang bersedia membantu dalam perbaikan dan pemeliharaan jalan Udara Ujung tersebut. Hasilnya, sejumlah titik yang sebelumnya susah untuk dilewati dan berkubang, kini sudah lebih bagus dan mudah untuk dilewati,” ucap nya bangga.

Masyarakat setempat berharap kepada Pemerintah Kabupaten Karo agar memperhatikan jalan di Desa Semangat Kecamatan Merdeka ini. Karena menurut Warga, bukan cuma sekali masyarakat turun tangan langsung dalam memperbaiki jalan tersebut. Karena Jalan tersebut juga merupakan akses utama untuk Petani menjual hasil panennya ke Pajak Roga. 

Musti Ginting,warga lainnya menambahkan,” jika dalam waktu dekat ini tak di perbaiki, kami masyarakat Desa Semangat berencana menutup jalan tersebut atau paling tidak kami akan menanam pohon Pisang di badan jalan yang berlobang ini, karena kondisi jalan ini sudah sangat memprihatinkan, bukan sekali dua kali orang pengendara yang jatuh , tapi sangat sering, apa lagi musim hujan pada saat ini, kita tidak tau mana lobang yang dalam atau tidak, karena sudah merata di genangi air, jadi saya memohon kepada Pemerintah Kabupaten Karo supaya sesegera mungkin memperbaiki jalan ini ,” kata Musti Ginting kesal.

Ketika di konfirmasi wartawan Kepala Dinas PU Kabupaten Karo Edu Sinulingga melalui Kabib Bina Marga Hendra Mitcon Purba mengatakan, jalan tersebut harus di konsilidasi sama masyarakat atau stakeholder, karena di perbaiki pun nanti, kalau tidak ada saluran pembuangan air,  jalan tersebut pasti rusak kembali. 

Kadang masyarakat sendiri pun tidak bisa diajak bekerja sama , contohnya, sudah taunya mereka tidak ada pembuangan Air, disitu pula mereka melakukan loundry wortel,  jadi harapan saya mewakili Pemkab Karo, mari bekerja sama untuk membangun Jalan kita ini,  ya paling tidak, pembebasan lahan itu bisa terlaksana, supaya drainase bisa kita bangun,agar Air tidak lagi tergenang di jalan ini,” terang Hendra Mitcon Purba ini. 

(David)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *