by

Lalin Jalan Gajah Mada Dan Hayam Wuruk Direkayasa Dishub

Berita Jakarta, Berita Online Indonesia Di Online News Indonesia, www.olnewsindonesia.com

Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta memberlakukan rekayasa lalu lintas (lalin) di Jalan Gajah Mada dan Jalan Hayam Wuruk sehubungan adanya pekerjaan konstruksi MRT Jakarta Fase 2A kontrak paket 202 (CP-202) yang saat ini masih terus berlangsung.

Kepala Dishub DKI Jakarta, Syafrin Liputo mengatakan, MRT Jakarta Fase 2A kontrak paket 202 (CP202) akan membangun tiga stasiun bawah tanah yang terdiri dari Stasiun MRT Harmoni, Stasiun MRT Sawah Besar dan Stasiun MRT Mangga Besar.

“Mulai 14 Oktober 2022 sampai 28 Februari 2023, tim konstruksi MRT Jakarta Fase 2A CP202 akan melanjutkan manajemen rekayasa lalu lintas dari tahap 1.1 ke tahap 1.2 karena sebagian pekerjaan persiapan konstruksi telah selesai,” ungkap Syafrin, Senin (17/10).

Kondisi lalu lintas di sepanjang Jalan Gajah Mada dan Jalan Hayam Wuruk pada tahap ini sebagai berikut:

A. Area Pekerjaan Persiapan Konstruksi

  1. Pagar proyek di Jalan Gajah Mada tepatnya di depan Gedung Duta Merlin, CIMB Niaga, Gajah Mada Plaza, Telesindo, dan Bank Jasa Jakarta akan bergeser pada lajur paling kiri.
  2. Area pekerjaan di depan Grand Paragon akan bergeser ke tengah Jalan Gajah Mada.
  3. Sedangkan pagar proyek lainnya tetap sama sesuai dengan pentahapan pekerjaan.

B. Pengurangan Lajur Lalu Lintas di Jalan Gajah Mada (arah Kota) maupun Jalan Hayam Wuruk selama pekerjaan berlangsung.

  1. Mulai dari simpang Harmoni sampai simpang Jalan KH. Hasyim Ashari, arus lalu lintas terdiri dari dua lajur reguler dan dua lajur Transjakarta.
  2. Dari Jalan KH Hasyim Ashari hingga simpang Mangga Besar, lalu lintas terdiri dari tiga lajur mix traffic antara lajur kendaraan reguler dan lajur Transjakarta.
  3. Bagi pengguna Jalan Gajah Mada yang ingin berputar balik menuju Jalan Hayam Wuruk di perempatan Sawah Besar dan di persimpangan Mangga Besar agar dapat mengambil jalur paling kanan.

C. Peralihan parkir di Jalan Gajah Mada dan Jalan Hayam Wuruk ke area khusus parkir

Selama pekerjaan konstruksi CP202 berlangsung, pengguna kendaraan bermotor diimbau menggunakan fasilitas parkir yang ada di Duta Merlin, Bank Ganesha, Gedung Gajah Mada Plaza, Grand Paragon Mall, Hayam Wuruk Plaza dan Harmoni Exchange.

“Untuk mengurangi kepadatan lalu lintas, diimbau kepada para pengguna jalan agar dapat menyesuaikan pengaturan lalu lintas yang ditetapkan, mematuhi rambu-rambu lalu lintas, petunjuk petugas di lapangan serta mengutamakan keselamatan di jalan,” tandas Syafrin.

Jmy