Bimtek Posbindu di RPTRA Garuda Diikuti 22 Kader PKK

BERITA, JAKARTA70 Views

Berita Jakarta, Berita Online Indonesia Di Online News Indonesia, www.olnewsindonesia.com

Sebanyak 22 kader PKK, Senin (17/10), mengikuti kegiatan bimbingan teknis (Bimtek) Pos Pembinaan Terpadu (Posbindu) Penyakit Tidak Menular (PTM) yang dilaksanakan Puskesmas Kelurahan Cilangkap di RPTRA Garuda Cilangkap, Cipayung, Jakarta Timur.

Kepala Puskesmas Kelurahan Cilangkap, Fransisca Alamanda mengatakan, kegiatan ini untuk meningkatkan wawasan kader PKK dalam program Posbindu dan penyakit tidak menular (PTM). Bimtek ini menghadirkan narasumber pejabat Posbindu PTM Puskesmas Kecamatan Cipayung, Makawa.

“Ini untuk meningkatkan wawasan kader Posbindu PTM dan Posyandu Lansia. Khususunya untuk meningkatkan cakupan skrining PTM, merefresing ulang tentang cara tensi, cara melakukan px gula dan sebagainya,” kata Fransisca.

Diungkapkan Fransisca, penyakit tidak menular (PTM) seperti jantung, stroke, paru kronik, kanker, diabetes dan sebagainya perlu dilakukan pencegahan dengan melakukan pemeriksaan kesehatan sejak dini.

“Masyarakat bisa memeriksakan diri ke Posbindu atau Posyandu Lansia yang ada di lingkungan masing-masing, baik di tingkat RW maupun kelurahan,” ucap Fransisca.

Di Posbindu PTM ini, lanjut Fransisca, masyarakat dapat mengukur tinggi dan berat badan serta lingkar perut untuk mendeteksi kegemukan atau obesitas. Kemudian pengukuran tekanan darah, kadar gula darah, fungsi paru, pemeriksaan fungsi paru, inspeksi visual asam asetat dan pemeriksaan kadar alkohol.

Kasi Kesra Kelurahan Cilangkap, Safarini menambahkan, Posbindu PTM ini merupakan model peran serta masyarakat melalui kader PKK dalam pengendalian faktor risiko penyakit tidak menular.

“Posbindu PTM sangat diperlukan dalam kegiatan deteksi dini serta pemantauan kesehatan masyarakat,” tandasnya.

Jmy