by

Drs.Jabiat Sagala Pimpin Raker Perdana Kwarcab Samosir

Samosir.Olnewsindonesia,Jum’at (18/05)

Sejak terpilihnya Ketua kwartir Cabang Pramuka Samosir untuk periode 2018-2023 berdasarkan keputusan Bupati Samosir No 25/01/Kwarcab/III/2018 Tanggal 3 Maret 2018 ,Ketua terpilih melakukan rapat pengurus perdananya di kantor sekretariat Pramuka Samosir , di Pangururan.

Ketua Kwartir cabang Pramuka Samosir Drs Jabiat Sagala ,MHum menyampaikan harapannya kepada seluruh pengurus dan anggota Kepramukaan di jajaran Kwartir Cabang Samosir untuk lebih serius menangani Gerakan Pramuka yg ada di Kwarcab Samosir ini.

Beliau menyatakan bahwa UU RI No 12 Tahun 2010 mengamanatkan bahwa seluruh masyarakat, Pemerintah, Lembaga masyarakat wajib untuk untuk mendukung Kegiatan ini, karena Pendidikan Kepramukaan itu adalah Proses Pembentukan kepribadian ,kecakapan hidup, dan akhlak mulia melalui penghayatan dan pengamalan nilai-nilai Kepramukaan bagi generasi muda yang ada di Indonesia , secara khusus di kabupaten Samosir.

Foto : Rapat Perdana Kwarcab Samosir, dipimpin langsung Ketua Terpilih 2018 - 2023, Drs.Jabiat Sagala MHum.
Foto : Rapat Perdana Kwarcab Samosir, dipimpin langsung Ketua Terpilih 2018 – 2023, Drs.Jabiat Sagala MHum.

Dari gambaran umum kondisi kepramukaan kwarcab Samosir yang di sampaikan Kepala Pusat Pendidikan (KAPUSDIK), Poltak Hutauruk SPd.MM, Menunjukkan bahwa masih banyak sekolah di Samosir yang tidak peduli akan pendidikan kepramukaan ini .

Dari data sekolah penyelenggara pendidikan kepramukaan, dapat kita lihat Untuk tingkat SD Hanya 8 dari 194 sekolah, tingkat SMP hanya 14 dari 34 sekolah, dan tingkat SMA/SMK, hanya 9 dari 22 Sekolah yang menyelenggarakan pendidikan kepramukaan di Sekolah.

Sedangkan Kondisi Kwartir Ranting Yang seyogianya ada 9 di Kabupaten Samosir yang berpusat di tiap kecamatan. Hingga saat ini satupun belum ada yang terbentuk, ungkapnya.

Menyikapi hal ini, Ketua kwartir cabang Pramuka Samosir dalam waktu dekat akan melaksanakan rapat koordinasi dengan dinas pendidikan Kabupaten Samosir dan instansi terkait.

Beliau juga menyampaikan terimakasih dan Apresiasi kepada sekolah penyelenggara pendidikan kepramukaan dan seluruh pembina /pengurus Pramuka yang selama ini telah banyak menorehkan kejuaraan di tingkat Provinsi, Nasional bahkan Internasional seperti Jambore Pahang Malaysia untuk terus maju dan berjuang demi mengharumkan Kabupaten Samosir.

Turut hadir dalam rapat, Ketua Harian Gerakan Pramuka Samosir Vikbon Simbolon ,SPd, Wakil ketua Binawasa Drs Gomgom Naibaho yang diwakili Osman Sinaga, Ketua Saka Wirakartika Koramil 03 Pangururan yang diwakili Serka Toga Tamba, Unsur Kemenag Kab Samosir Yang diwakil Agustin Sidauruk SSos.

(JuntakStar/Polhut)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.