by

Pemudik Mulai Padati Terminal Terpadu Pulogebang

Berita Jakarta, Berita Online Indonesia Di Online News Indonesia, www.olnewsindonesia.com

Pemudik mulai memadati Terminal Terpadu Pulogebang, Cakung, Jakarta Timur pada H-6 Idulfitri 1444 H.

Berdasarkan data yang diperoleh, sebanyak 5.089 orang berangkat dari Terminal Terpadu Pulogebang periode 4-6 April 2023.

Kepala UP Terminal Terpadu Pulogebang, Emanuel Kristanto mengatakan, pemudik yang berangkat dari terminal pada H-14 masih berkisar 1.350 orang per hari. Peningkatan penumpang terjadi pada H-7 dengan total penumpang sebanyak 2.437 atau naik sebesar 115 persen.

“Peningkatan jumlah mudik melalui Terminal Terpadu Pulogebang diprediksi terjadi pada dua tahap peningkatan. Untuk tahap pertama sudah terjadi pada pekan ini,” ujar Emanuel, Minggu (16/4).

Emanuel memprediksi, peningkatan pemudik tahap dua terjadi pada tanggal 18-19 April 2023 pada saat cuti bersama. Angka peningkatan ini diprediksi mencapai 250 persen.

Untuk mengatasipasi hal tersebut, UP Terminal Terpadu Pulogebang telah berbenah dari segi sarana prasarana seperti Posko Bersama Angkutan Lebaran, Pos SAPA, penambahan mesin checkpoint dan kamar menginap untuk pemudik.

UP Terminal Terpadu Pulogebang juga bekerja sama dengan para Perusahaan Otobus (PO) untuk menyiapkan armada tambahan sesuai permintaan jumlah pemudik.

“Dari sisi kesiapan kendaraan dan pengemudinya, bus sebelum berangkat harus lolos ramp check. Posko kesehatan juga disiagakan untuk tes urine dan tensi pengemudi. Kalau tidak lolos tidak akan diberi izin keberangkatan. Dan ini sebagai salah satu prasyarat perjalananan,” tandas Emanuel.

210