by

Mangihut Sinaga S.H,M.H : Jangan Takut Mengatakan Yang Benar dan Jujurlah Kepada Rakyat

Berita Samosir, OLNewsindonesia, Minggu (15/12)

Ikut perhelatan pemilihan kepala daerah 2020, salah satu Balon Bupati Samosir, Mangihut Sinaga S.H,M.H yang peduli Samosir, pulang kampung dengan niat sungguh sungguh menjadikan Samosir Bersih, Sejahtera dan Bermartabat.

Setelah mendapat berbagai ‘permintaan’ yang terkesan medesak dari berbagai tokoh dan praktisi politik dari daerah asalnya, dia akhirnya menyerah dengan memenuhinya, yaitu memutuskan ikut menjadi bakal Calon Parhobas Samosir pada Pilkada Samosir 2020.

Kalimat ‘Mangihut Sinaga Peduli Samosir’ bisa saja terdengar klise. Tapi faktanya memang itulah niat dan kesungguhan Mangihut Sinaga, SH., MH dibuktikan nya, dengan mendaftarkan diri ke beberapa partai di kabupaten Samosir sebagai Balon Bupati Samosir Periode 2020-2024.

foto : Mangihut Sinaga S.H, M.H bersama istri tercinta, L boru Napitupulu
foto : Mangihut Sinaga S.H, M.H bersama istri tercinta, L boru Napitupulu

“Ya….Saya akhirnya harus menerima itu, dan saya sungguh sungguh mengikuti pilkada Samosir 2020 untuk meningkatkan kesejahteraan Samosir lebih baik dan bermartabat lagi” ujarnya kepada OLNewsindonesia.com dipelabuhan Mogang Palipi, pada saat selesai menghadiri syukuran anggota DPRD Samosir terpilih, Raja Pantas Maroha Sinaga, di desa Sabulan, kecamatan Sitio Tio, kabupaten Samosir Sumatera Utara, Sabtu (14/12/2019).

Beliau juga memberikan semangat kepada masyarakat, terlebih kaum Jurnalis untuk bekerja sesuai fakta yang ada. “Jangan takut mengatakan yang benar dan jujurlah kepada rakyat”, tegas Mangihut Sinaga, S.H,M.H, setelah kapal motor yang ditumpanginya tiba di Pelabuhan Mogang Palipi.

Menilik jejak-rekamnya dari beberapa sumber, berikut perjalanan kariernya :,

Mangihut Sinaga S.H,M.H sebagai PNS di lingkungan lembaga penututan negeri ini, rasanya Samosir harus bersyukur atas keputusannya itu. Boleh dibilang, Samosir ‘beruntung’ mendapat Bakal Calon Parhobas seorang Jaksa yang memiliki perjalanan karir yang begitu cemerlang.

Lihat saja perjalanan karirnya sejak menjadi PNS. Dalam kurun waktu 10 tahun setelah dirinya menjadi PNS, Mangihut Sinaga, SH., MH. telah menjadi Kepala Kejaksaan Negeri.

Jaranglah ada jaksa yang mencapai raihan karir seperti itu. Hanya orang-orang yang memiliki prestasi tertentulah yang dapat mencapainya.

Kepala Kejaksaan itu diraih Mangihut Sinaga, SH., MH. di Kejaksaan Negeri Bontang-Kejati Kaliman Timur, tgl 16 Juli 2001. Untuk diketahui, Mangihut Sinaga menjadi PNS adalah tgl. 1 Maret 1991.

Tidak sampai dua tahun sebagai Kepala Kejaksaan Negeri Bontang, tgl 27 bulan Maret 2003, Mangihut Sinaga, SH., MH., diangkat menjadi Kepala Kejaksaan Purwodadi, Jawa Tengah. Kira-kira lebih satu tahun bertugas di Kejati Jawa Tengah, dia kembali ditarik ke Kejati Kaliman Timur, dengan menjabat sebagai Asintel.

Menjadi Kajari Medan

Seperti umumnya orang Medan, rasanya belum klop dalam menjalankan satu profesi atau karir, bila belum pernah menjabat di daerah asalnya. Mangihut Sinaga, SH., MH., yang kelahiran Sumatera Utara tgl. 8 April 1962, juga memiliki hal yang sama. Pucuk dicita ulam tiba. Keiginan putra Sinaga asal Sirait Nainggolan ini terwujud manakala dia menjabat sebagai Kepala Kejaksaan Negeri Medan tgl. 4 Mei 2007.

Hanya lebih 1 tahun tahun sebagai Kepala Kejaksaan Negeri Medan, Mangihut Sinaga, SH., MH., kembali mendapat penugasan baru. Kali ini kembali ke Kejaksaan Tinggi Jawa Tengah. Tepatnya tgl. 23 September 2008, diangkat menjadi Asdatun.

Kira-kira tiga tahun menjalankan jabatan itu, kemudian sia ditarik ke Kejaksaan Agung sebagai Pengkaji pada Jaksa Agung Muda Intelijen. Setelah menjalani jabatan itu sekitar tiga tahun, kemudian dia diangkat menjadi Koordinator pada Jaksa Agung Muda Intelijen tgl. 17 Maret 2011.

Menjadi Wakil Kajati dan Kajati

Selepas menjalani berbagai bidang tugas di Kejaksaan Agung, Mangihut Sinaga., SH., MH., yang memiliki istri Dra. Linda Meriati br. Napitupulu ini, kembali ditugaskan di lingkungan Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara. Kali ini dia mengemban tugas sebagi Wakil Kepala Kejaksaan Tinggi. Dan setelah bertugas lebih satu tahun, dia ditugaskan untuk menduduki pos jabatan yang lebih tinggi, yaitu Kepala Kejaksaan Nusa Tenggara Timur (NTT).

Jabatan sebagai Kajati NTT diembannya mulai tgl. 28 Agustus 2002. Setelah lebih satu tahun, tepatnya tgl. 1 September ditarik kembali ke Kejaksaan Agung untuk meduduki pos jabatan sebagai KAPUS Pendidikan Manjemen & Kepemimpimpinan BADIKLAT.

Dalam rentang waktu lebih satu tahun menjalani tugas KAPPUS itu, Mangihut Sinaga, SH., MH., lalu ditugaskan menduduki pos jabatan Kepala Kejaksaan Tinggi Sulawesi Utara. Jabatan iu mulai diemban tgl. 30 November 2017.

Mangihut Sinaga Juga Cemerlang di Punguan Marga.

Tidak hanya dalam karir yang moncreng diraih. Sebagai turunan Pomparan Toga Sinaga, Mangihut Sinaga, SH., MH., juga telah berhasil menjadikan perkumpulan marganya sebagai satu organisasi besar dan terpandang. Keberhasilan melakukan beberapa kali melakukan Musyawarah Besar Pomparan Toga Sinaga dari seluruh Indonesia adalah suatu capaian yang jarang bisa dilakukan oleh marga-marga Batak yang lain.

Musyawarah yang terakhir dilakukan oleh Mangihut Sinaga, SH., MH., adalah bulan Oktober 2018 di Desa Sinaga Uruk-2. Pada saat acara ini dilakukan, terlihat pata peserta mengalami kesulitan dalam hal akomodasi dan transportasi. Dan patut dicatat, tiga tahun sebelumnya, Mangihut Sinaga, SH., MH., juga berhasil mengkoordinir pelaksanaan “Pesta Jubelium 75 Tahun Tugu Toga Sinaga’ di Desa Sinaga Uruk-2 Palipi. Perhelatan ini juga sukses dilakukan dengan kehadiran Gubernur Sumatera Utara dan ribuan warga Pomparan Toga Sinaga dari seluruh Indonesia.

Peran dan dukungan sang Istri tercinta, L boru Napitupulu.

Dan saat Mangihut Sinaga, S.H, M.H. memutuskan ikut menjadi Bakal Calon Parhobas Samosir pada Pilkada 2020, tak lain merupakan keputusan dan dukungan penuh dari sang istri, L boru Napitupulu.

Yang tidak kalah penting dari semua itu adalah tentang putra-putri Mangihut Sinaga, SH., MH. Dari tiga (3) putra dan satu (1) putrinya, telah tumbuh dewasa dan semuanya telah mencapai pendidikan tingginya. Malah satu orang diantara putranya itu, yaitu Rivaldo Grifier Hasiholan Sinaga, telah berhasil menyelesaikan pendidikannya sebagai Akpol dengan pangkat IPDA.

Sementara dua (2) putra yang laian, yaitu Ahi Gabetua Fernandez Sinaga dan Rico Lois Antonio Sinaga, mahasiswa di Melbourne dan di Universitas Diponegoro, Semarang.. Sedang seorang putri semata wayangnya, yaitu Avelyn Triani Veronica Sinaga, menjadi Mahasiswa Kedokteran Gigi di Universitas Trisakti, Jakarta.

(JuntakStar)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.