by

Bupati Samosir Rapidin Simbolon Serahkan Buku Tabungan Lansia dan Disabilitas

Berita Samosir, OLNewsindonesia Jumat (14/8)

Bupati Samosir memberikan bantuan berupa buku tabungan kepada Lanjut usia (Lansia) dan disabilitas. Pemberian tersebut atas upaya Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Samosir kerjasama Kementerian PUPR mengucurkan dana perumahan.

Penyerahan dilaksanakan di Aula Kantor Camat Sitiotio, Kamis (13/8/2020). Sebanyak 714 orang lansia dan 357 penyandang disabilitas berat di Samosir mendapat bantuan sosial tersebut yang diserahkan secara simbolis oleh Bupati Samosir.

Pemberian itu untuk meningkatkan kesejahteraan penyandang disabilitas dan lanjut usia/sakit menahun. Sehingga mampu memenuhi kebutuhan dasarnya.

Di sisi lain sebagai upaya rehabilitasi sosial untuk mengembangkan diri. Serta melaksanakan fungsi sosialnya di masyarakat sebagai menambah semangat hidup.

Di Kec Sitiotio lansia terlantar 77 orang, disabilitas 36 orang. Bantuan bentuk rekening BNI Rp700 ribu per semester, total diterima Rp1.400.000 per tahun. Tahap II (semester II) disalurkan Desember tahun ini yang sumber dananya dari Bantuan APBD Kab Samosir.

Kemudian Bupati menyerahkan secara simbolis buku tabungan BSPS (Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya) kepada 25 penerima dari Desa Sabulan dan Desa Holbung 25.

Permasalahan terjadi pada perumahan masih tinggi angka persentase jumlah rumah tidak layak huni (RTLH) untuk Samosir. Tentu dalam rangka mempercepat terwujudnya rumah layak huni dan mengurangi angka kemiskinan masyarakat, khususnya berpenghasilan rendah dan termasuk kategori rumah tangga miskin. Pemkab berupaya mendapatkan anggaran pemerintah pusat untuk penanganan rumah tidak layak huni.

Berkat upaya pemkab, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat RI (PUPR) melontarkan dana melalui Program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) sebanyak 500 unit tahun 2020 yang dikerjakan dengan dua tahap.

Program BSPS untuk meningkatkan kualitas tidak layak huni merupakan harapan baru masyarakat miskin mendapatkan rumah layak huni. Sehingga mereka bisa merasakan taraf kehidupan layak. Juga mengurangi kesenjangan sosial di lingkungannya serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

(JuntakStar/Polhut)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.