by

Camat Ronggur Ni Huta Di Duga Selewengkan Dana Desa

Samosir,Olnewsindonesia,Sabtu (13/1)

Camat Ronggir Ni Huta, Sittor Silalahi, diduga selewengkan dana Desa SiJambur Tahun Anggaran 2017. Sittor Silalahi merupakan Pjs Kepala Desa Sijambur, selama kekosongan kepala desa definitif 2017.

Saat wartawan OLNewsindonesia Samosir melihat situasi kantor Desa Sijambur, tidak terlihat spanduk/baliho tentang Penggunaan Anggaran Dana Desa (ADD), sehingga patut dicurigai keterbukaan informasi publik tentang keuangan desa Sijambur.

Foto: Sittor Silalahi, Camat Ronggur Ni Huta sekaligus Pjs Kepala Desa Sijambur
Foto: Sittor Silalahi, Camat Ronggur Ni Huta sekaligus Pjs Kepala Desa Sijambur

Saat dikonfirmasi ke sekretaris Desa, Budianto Nababan diruang kerjanya mengatakan, bahwa kegiatan dana desa Sijambur TA 2027 ada enam jenis kegiatan, diantaranya :

1. Pengerasan Jalan Dsn 3 Huta langge-langge menuju Siharbangan. Volume
Pagu 170.jt

2. Pengerasan Jalan Dsn 1 Huta Pardengkean Menuju Huta Baru. Volume
Pagu 91.5 jt rupiah

3. Pengerasan Jalan dusun I Lumban Siahaan menuju Lumban Buttu, dengan Pagu 92.798 juta rupiah

4. Embung Air Simumbal Dusun II, dengan Pagu 50 juta rupiah

5. Rabat beton dusun II Sigansip menuju Nahornop, dengan Pagu 300 juta rupiah

6. Rehab Kantor Desa Dusun II, dengan Pagu Rp.39.766.515

Foto: salah satu Papan Proyek kegiatan Dana Desa Sijambur 2017
Foto: salah satu Papan Proyek kegiatan Dana Desa Sijambur 2017

Dijelaskanya, mengenai volume setiap jenis kegiatan, langsung aja konfirmasi ke Tim Pelaksana Kegiatan (TPK) masing-masing, dan saya tidak memahaminya, ujar Budiman.

Saat dikonfirmasi ke Salah satu TPK pengerasan jalan dusun II Lumban Siahaan menuju Lumban Buttu, PAHAM Nadeak menjelaskan bahwa kegiatan nya sesuai dengan RAB, dengan volume panjang 315 meter, dan lebar 3 meter, ungkap nya.

Lanjut Paham Nadeak, pertama sekali jalannya kita ratakan secara manual, setelah itu kita serakan batu cadas/ batu yang keras ke jalan yang sudah kita ratakan, dengan tipe batu 15/20 yang tertetulis di RAB dan langsung dengan batu pengunci beram. Semua jenis batu nya, batu cadas/ batu keras tipe 15/20, ujarnya.

Foto: Pengerasan Jalan lumban siahaan menuju lumban buttu, diduga  menggunakan batu kapur
Foto: Pengerasan Jalan lumban siahaan menuju lumban buttu, diduga menggunakan batu kapur

Ditambahkanya, bahwa selesai jalan di serakan batu keras, lalu kita siram dengan Sertu lokal yang kita beli dari masyarakat sekitar, yang berasal dari sungai, ungkapnya.

Saat diperlihatkan foto fisik kegiatan oleh Wartawan OLNEwsindonesia, Paham Nadeak terdiam, dan membisu tanpa ada penjelasan perihal foto fisik yang telah didokumentasi kan oleh wartawan OLNewsindonesia di lapangan. Terlihat di foto, fisik jalan menggunakan material batu kapur, dan dipenuhi oleh pasir dan sertu di badan jalan, dengan pengunci batu asal jadi.

Selain Paham Nadeak, Ketua TPK Renovasi Kantor Desa, Mayjen Siringo-ringo, tampak pergi terburu buru, disaat mau dikonfirmasi perihal kegiatan renovasi kantor Desa Sijambur, pergi tanpa alasan dan menghindar dari awak media.

Foto: Fisik kegiatan Pengerasan jalan lumban siahaan menuju lumban buttu desa Sijambur
Foto: Fisik kegiatan Pengerasan jalan lumban siahaan menuju lumban buttu desa Sijambur

Sittor Silalahi, yang merupakan Camat Ronggur Ni Huta dan Pjs Kepala Desa Sijambur, menjelaskan bahwa semua kegiatan fisik sesuai dengan RAB, tegasnya kepada OLNewsindonesia, Jum’at (12/1) disalah satu rumah makan di Onan Baru Pangururan.

Saat dokumentasi foto diperlihatkan OLNewsindonesia, perihal fisik kegiatan dan kondisi Kantor desa yang tidak adanya baliho atau spanduk perincian Anggaran dana Desa, Camat Ronggur Ni Huta, Sittor Silalahi, kaku dan heran dengan yang apa yang ada di foto tersebut.

Kepada Olnewsindonesia, Sittor Silalahi yang merupakan Camat Ronggur Ni Huta sekaligus Pjs Kepala Desa SiJambur menjelaskan tentang jenis kegiatan, namun sangat miris sekali, ternyata penjelasan Camat sangat berbeda dengan keterangan TPK nya.

(JuntakStar)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.