by

Bupati Karo : Demi Kemajuan Tanah Karo,Lakonta Harus Di Dukung Penuh

Berita Karo.OLNewsindonesia,Kamis(13/12)

LAKONTA Adalah sebuah Lembaga Adat Budaya Karo yang terbentuk pada tanggal 23 Juni 2018 silam, memiliki fungsi antara lain membantu pemerintah dalam kelancaran dan pelaksanaan pembangunan di segala bidang terutama dalam bidang keagamaan, kebudayaan dan kemasyarakatan,membina dan mengembangkan nilai-nilai adat dalam rangka memperkaya, melestarikan dan mengembangkan kebudayaan nasional pada umumnya dan kebudayaan adat khususnya, serta menjaga, memelihara dan memanfaatkan kekayaan desa adat untuk kesejahteraan masyarakat desa adat.

Sesuai dengan fungsinya tersebut mengisyaratkan LAKONTA terus menjalin kerja sama dengan pemerintah, hingga memberikan saran dan masukan terkait kemajuan Tanah Karo, adalah suatu kehormatan bagi kami LAKONTA dapat berkumpul dalam forum diskusi tingkat kordinasi , ” ujar Sarjani Tarigan ketua umum LAKONTA saat memaparkan pokok pokok pikiran lakonta dirumah dinas Bupati Karo, Rabu (12/12) pukul 20.00 WIB

Dalam paparannya, Sarjani mengatakan ada sejumlah pokok pikiran yang kami usulkan ini menjadi panduan bagi masing masing dinas Pemda Karo sebagai bahan masukan kedepan demi perubahan yang lebih baik. Oleh sebab itu izinkan saya pak Bupati menyampaikan saran masukan dalam forum diskusi tingkat kordinasi kesetiap OPD melalui pertemuan kita malam ini, ” ujarnya .

Sementara Bupati Karo Terkelin Brahmana SH mengapresiasi atas pertemuan malam hari ini, dimana LAKONTA sudah mencurahkan pokok pokok pikirannya ke OPD Pemda Karo, ” ini sangat positif dan kreatif,kita jangan pernah bosan menerima masukan dari siapapun, jika mereka masih peduli untuk memacu kita bekerja dan berkarya,” terangnya.

Dan bagi semua dinas OPD pendidikan, parawisata, perhubungan, Koperindag , dinas Sosial , Dispenda , Bappeda , Dispora, Kominfo, Kesehatan, Kabag umum, protokol, yang disebutkan LAKONTA tadi, saya instruksikan agar masing masing OPD yang telah disebut kiranya mempelajari dan membuat kajian sepanjang yang diusulkan LAKONTA demi kemajuan Tanah Karo terlebih dalam memajukan budaya kearifan lokal kita . Harus didukung penuh, jangan pernah ragu, jika hal itu positif, bekerjalah ikhlas, ” tandasnya.

Intinya, setiap OPD tetap ikuti perkembangan zaman tapi jangan pernah kita meninggalkan budaya kita,jadi harapan saya setelah masing masing OPD menerima sejumlah catatan yang diusulkan oleh LAKONTA , maka lintas OPD yang terkait dalamnya segera lakukan kordinasi sesuai usulan LAKONTA tersebut . Sekali lagi, jangan pernah menunda nunda pekerjaan dan buang sifat ketidakpedulian, supaya sinergitas terjalin dengan baik, ” imbuhnya .

Tampak Hadir dalam forum diskusi tingkat kordinasi, Plt Kadis Kominfo Jhonson Tarigan, Kadis perhubungan Gelora Fajar Purba, SH, Kadispora Robert Billy Perangin angin, Sekretaris Pendidikan Irwan Ganti Tarigan, Hasim Kabid Bappeda, Kabid dinas Sosial , Kabid DPMD, Malem Ukur Ginting, Sastra Purba, Kenan Ginting pengurus Lakonta.

(David)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.