by

Kadis : Urus Administrasi Kependudukan Dan Catatan Sipil Tidak Boleh Perantara

Berita Karo, Online News Indonesia, www.olnewsindonesia.com

Untuk meningkatkan kwalitas pelayanan kependudukan dan catatan sipil di Kabupaten Karo, Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Karo, Susy Iswara Br Bangun meminta kepada warga Tanah Karo agar Pengurusan Administrasi Kependudukan dan Pencatatan Sipil harus dilakukan oleh orang yang bersangkutan, tidak boleh diwakilkan dengan orang lain meski melampirkan surat kuasa.

“Hal ini harus dilakukan untuk menghindari adanya keluhan warga yang melakukan pengurusan dokumen kependudukan melalui perantara ataupun Calo. Bila masyarakat mempunyai halangan dapat diwakilkan kepada orang yang tertera namanya di Kartu Keluarganya saja, “kata Kadis Dukcapil, Senin, (09.05/2022) di sela -sela melakukan pelayanan di Kantor Dukcapil itu.

Dikatakannya lagi, bagi warga yang telah memasukkan dokumen kependudukannya ke Kantor Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Karo , pengambilannya bisa dilakukan oleh Kepala Desanya bila yang bersangkutan ada halangan tidak bisa hadir pada waktu pengambilan.

Nah, atas kebijakan yang diberlakukan tersebut tidak sedikit masyarakat yang merasa terheran – heran karena dokumen yang telah siap tidak dapat diambil melalui perwakilan atau sesama warganya.

“Kami sangat terkejut adanya aturan baru yang tak bisa diwakilkan kepengurusan dokumen kependudukan. Kenapa tiba- tiba muncul Permendagri 2019 itu, kok berlakunya 2022 . Selama ini kan baik – baik saja semua kenapa aturan ini buat repot, ” ujar Batu Tarigan warga Lau Baleng yang mengaku harus bolak – balik menghabiskan ongkos Rp.300.000,- untuk pengurusan kartu keluarganya. 

Hal yang sama warga dari Kuta Buluh yang mengaku mewakili saudaranya satu Kampung berencana mengambil dokumen kependudukan Kartu Keluarga saudaranya, ditolak tidak diberikan pada hal dia memberikan bukti pengambilan dokumen Disdukcapil.

“Kenapa kok tiba – tiba sesulit ini pengurusan dokumen kependudukan ke Disdukcapil. Dokumen yang diambil bukan rahasia,” ujarnya kesal.

(David-team)