by

Kalak BPBD Karo Siap Menyambut Kehadiran Kepala BNPB Meninjau Penanganan Pasca Erupsi Sinabung

Berita Karo.OLNewsindonesia,Jum’at(08/02)

Letjen Doni Monardo sejak dilantik berdasarkan Surat Keputusan Presiden No 5/P Tahun 2019 tentang Pengangkatan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) akan berkunjung ke daerah Tanah Karo Sumatera Utara ingin melihat penanganan pasca Erupsi Gunung Sinabung, hal ini dikatakan Sestama Ir Dody Ruswandi, MSCE via seluler kepada Kalak BPBD Karo Ir Martin Sitepu, Jumat (08/02) 2019 pukul 08.30 WIB .

Bupati Karo Terkelin Brahmana, saat menerima informasi ini, langsung memerintahkan kalak BPBD Ir Martin Sitepu segera segala sesuatunya menyiapkan terkait penanganan pasca Erupsi Gunung Sinabung dan kordinasi dengan Dansatgas bencana alam Letkol Inf Rizal Taufik SE, serta terkhusus yang disorot selama sepekan terakhir mengenai sewa rumah dan sewa lahan sebagian desa yang tersebar dibeberapa hamparan di Kab. Karo, ” ujarnya.

Segera kordinasikan ke BNPB, agar dana sewa rumah dan sewa lahan bisa ditransfer, pada saat kunjungan kepala BNPB ke Kab karo, Selasa (08/02) 2019 semuanya bisa clear and clear, sehingga warga tidak bertanya tanya lagi, ini perlu segera kordinasikan, ” tandas Terkelin.

Sementara Kalak (kepala pelaksana) BPBD Ir Martin Sitepu mengakui bahwa kunjungan kepala BNPB sudah termonitor akan datang ke Pemkab Karo melalui pemberitahuan secara lisan Sestama BNPB kepada saya, iya tadi saya ditelepon, ” kata Martin.

Diakuinya, surat secara tertulis belum ada kita terima dari pihak BNPB, namun sesuai perintah pimpinan kita tetap wanti wanti informasi kedatangan Pak Doni Monardo, oleh sebab itu kita sudah siapkan semua progres bahan dan data terkait penanganan pasca Erupsi Gunung Sinabung jika sewaktu waktu diminta jika beliau jadi datang ke Karo, akan kita berikan, ” terangnya.

Disebutkannya, terkait sewa rumah dan sewa lahan yang di instruksikan pimpinan barusan kepada saya, iya, memang benar tadi disampaikan, itu sudah kami tindak lanjuti dan telah berkoordinasi dengan pihak BNPB pusat begitu juga untuk Dansatgas Bencana alam Dandim 0205 /TK akan saya kordinasikan juga, ” kata Martin.

Hasil kordinasi sementara, pihak BNPB pagi tadi (08/02/2019) akan men-transfer dana untuk keperluan 2117 KK ,mencakup Desa Mardinding, Sukanalu , Sigarang Garang ,Kuta Gugung, Pintubesi, Kutatengah ,Jeraya ,Tigapancur. Untuk itu, finalnya nanti kita sampaikan lagi setelah uang di transfer pihak BNPB ke kas BPBD Karo, jumlah dananya secara gelondongan yang akan dikirim, sementara taksiran saya berkisar 10 Milyard, ” ucap Martin.

(David)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.