by

Bupati Karo Dukung Pembentukan Lembaga Adat Karo Yang Akan Di Deklarasikan Bulan Juni

 

Tanah Karo.Olnewsindonesia,Jum’at(08/06)

Keberadaan Lembaga adat budaya karo tugasnya menggali, melestarikan dan mengembangkan adat Karo dan budaya karo, dalam lingkup Merga silima ,Rakut Sitelu tutur Siwaluh Perkaden Kaden Sepuluh Dua Tambah Sada.

Pembentukan Lembaga adat Karo sangat di apresiasi Bupati Karo,Terkelin Brahmana,SH saat menerima kedatangan Panitia lembaga adat Budaya Karo, disela sela meninjau lokasi lahan kantor sekretariat di samping Gedung DPRD Karo jumat (08/06) sekira pukul 10.00 wib persisnya samping kantor Veteran LVRI Kab.Karo.

” Lembaga adat budaya karo ini , patut kita apreisasi dan wajib didukung, sebab sepengetahuan saya belum ada saya dengar dan lihat secara permanen budaya ini telah berdiri di Kab.Karo, apalagi sejak saya menjabat Wakil Bupati karo hingga Bupati Karo dan saat sampai sekarang ini. Jadi komitmen Pemkab karo , selalu exsit dengan terbentuknya lembaga Budaya karo yang rencananya akan di deklarasikan di Open Stage Berastagi bulan juni 2018 ini, ” ucap Bupati.

“Ini adalah kebanggaan Suku Karo khususnya yang tinggal di Kab. Karo, sebab keberadaan lembaga ini menjadi tolak ukur setiap permasalahan yang ada terkait adat istiadat sudah dapat dijadikan tempat bertanya dan berdiskusi mencari keputusan yang baik secara bersama, ya program ini sudah bagus menurut saya, ” tandasnya.

Ket foto : Bupati Karo bersama panitia budaya berfose di sela sela peninjauan lokasi kantor sekretariat budaya karo di depan kantor DPRD KARO, Jumat, (08/06).
Ket foto : Bupati Karo bersama panitia budaya berfose di sela sela peninjauan lokasi kantor sekretariat budaya karo di depan kantor DPRD KARO, Jumat, (08/06).

Sementara itu Panitia lembaga adat Budaya Karo Sarjani Tarigan mengungkapkan, program ini sengaja dibentuk sebagai wadah dan tempat berkumpulnya dan diskusi serta musyawarah yang baik (arih-arih muat simehuli) oleh sebab itu rencana lembaga ini akan kami deklarasikan di Open Stage (23/06/2018), ‘jelasnya.

” Susunan lembaga yang akan dilantik sebagai ketua Sarjani Tarigan, Ketua satu Malem Ukur Ginting, Bendahara Sumiyati Br surbakti, Sekretaris Drs Kenan ginting, tanpa merinci secara detail, Beber Sarjani Tarigan.

Selaku Ketua satu, Malem Ukur Ginting mengatakan sangat berterimakasih kepada Bupati Karo, karena peduli dan
berkomitmen mengangkat derajat martabat Budaya Karo melalui dengan setujunya disediakannya kantor sekretariat lembaga adat budaya Karo yang tadi pagi kami tinjau bersama,” Terang Malem ukur.

” Mudah mudahan setelah dilantik nantinya di Open stage , kami akan konsolidasi dan akan membenahi kantor sekretariat yang akan diberikan Pemkab Karo tersebut, dan sesuai petunjuk kepada team lembaga adat budaya Karo akan kordinasi dengan Bagian Umum Pemkab Karo, untuk rehab dan memperbaiki apa saja yang dibutuhkan,” Tutur Malem Ukur yang merupakan salah satu sosok tokoh budaya Karo ini .

Hadir dalam peninjauan lokasi kantor sekretariat AKBP Happy Karo Karo, Kepala Kesbang linmas Kab.Karo Tetap Ginting, Kabag Hukum Monika May Trisa Purba, Ketua PMS Kab.Karo Beres Brahmana.

(David)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.