by

Pemkab Samosir Gelar Sosialisasi Pemanfaatan Pompa Air Di Palipi

Berita Samosir, Online News Indonesia, Sabtu (7/9)

Pemerintah Kabupaten Samosir melalui Dinas Pertanian dan Dinas PUPR menggelar Sosialisasi Pemanfaatan Pompa Air di Kecamatan Palipi, Jum’at (6/9) bertempat di Aula Kantor Camat Palipi, dihadiri oleh 7 (tujuh) kelompok tani dari dua desa, yaitu Desa Palipi dan Desa Pallombuan.

Pemerintah Kabupaten Samosir melalui Dinas Pertanian dan Dinas PUPR menggelar Sosialisasi Pemanfaatan Pompa Air di Kecamatan Palipi, Jum'at (6/9) bertempat di Aula Kantor Camat Palipi, dihadiri oleh 7 (tujuh) kelompok tani dari dua desa, yaitu Desa Palipi dan Desa Pallombuan.
Pemerintah Kabupaten Samosir melalui Dinas Pertanian dan Dinas PUPR menggelar Sosialisasi Pemanfaatan Pompa Air di Kecamatan Palipi, Jum’at (6/9) bertempat di Aula Kantor Camat Palipi, dihadiri oleh 7 (tujuh) kelompok tani dari dua desa, yaitu Desa Palipi dan Desa Pallombuan.

Dalam sambutannya Kepala Dinas Pertanian Victor Sitinjak mengatakan bahwa Pemerintah Kabupaten Samosir dalam upaya mendukung produktivitas pertanian di Kabupaten Samosir khususnya di Kecamatan Palipi telah membangun dua unit pompa besar yang berkapasitas 50 liter per detik di Desa Palipi dan desa Sigaol Simbolon.

Satu unit pompa besar yang sudah dibangun di Desa Palipi ini dapat dimanfaatkan oleh 5 (lima) kelompok tani (Poktan) dari desa Palipi dengan luas lahan berkisar 80 hektar dan 2 (dua) kelompok tani dari Desa Pallombuan dengan luas lahan 40 hektar, yang keseleruhannya dapat digunakan oleh 120 kepala keluarga dari dua desa tersebut.

Bupati Samosir Rapidin Simbolon dalam sambutannya menyampaikan bahwa pertemuan ini dilakukan untuk berdiskusi dengan petani dalam meningkatkan hasil pertaniannya. “Dengan tersedianya pompa air, alat-alat pertanian, dan rehabalitasi saluran irigasi yang terus diupayakan Pemerintah Kabupaten Samosir secara bertahap dapat membantu petani untuk dapat memaksimalkan lahan pertanian yang ada”, ungkap Rapidin.

Diharapkan kini petani dapat panen 2 (dua) kali dalam setahun. Untuk itu marilah kita saling mendukung program pembangunan Samosir yang berbasis Pariwisata dan Pertanian demi mewujudkan kesehjateraan masyarakat Samosir, pintanya.

Diakhir sambutan nya, Bupati Samosir mengutip falsafah para orangtua yang sejak dulu sudah di gaungkan yaitu ” Sinur napinahan, Gabe na ni ula, mangomo partiga tiga, dapotan pardalan dalan (yang artinya Semua yang dikerjakan berhasil, penjual beruntung, yang datang juga beruntung)”, ucap Rapidin.

Turut hadir Assisten II Saul Situmorang, Kadis Pertanian Victor Sitinjak, Kadis PUPR Pantas Samosir, Kadis Kominfo Rohani Bakara, Kabag Humas Hartopo Manik, Camat Palipi Darwin Parhusip, para Kepala Desa, kelompok tani dan masyarakat tani di Kecamatan Palipi.

(JuntakStar)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.