by

Aktifitas Sudah Normal, GTPP COVID-19 Samosir Ajak Masyarakat Tetap Fokus Pada Protokol Kesehatan

Berita Samosir, OLNewsindonesia,Rabu (5/8)

Sejak dibukanya kembali objek-objek wisata (31/7), aktivitas di jalur darat dan danau sudah kembali normal dengan standar protokol kesehatan.

GTPP COVID-19 Samosir Ajak Masyarakat Tetap Fokus Pada Protokol Kesehatan.
Harapannya, pelaku perjalanan ke Samosir, pelaku usaha wisata, dan seluruh masyarakat Samosir jangan lengah tetapi fokus pada protokol kesehatan secara ketat.

“Jangan percaya pada rasa aman palsu ketika beraktivitas di luar rumah tanpa pakai masker, tanpa sering cuci tangan dengan sabun pada air mengalir, tanpa jaga jarak interaksi (1-2 meter), dan tanpa perilaku hidup bersih dan sehat”, himbau Rohani Bakkara, Jubir Satgas Covid-19 kabupaten Samosir.

Potensi suspek lanjut Rohani ada dimana-mana, mengingat Samosir telah dibuka bagi wisatawan nusantara, karena itu kita harus memilih untuk waspada. “Dalam kenormalan baru, kita juga ditantang untuk membentuk budaya baru—protokol kesehatan secara ketat”, ujarnya.

Beliau menambahkan, Saat ini, protokol kesehatan adalah pilihan terbaik untuk dilakukan. Protokol kesehatan bukanlah vaksin namun pencegahan dalam bentuk modifikasi perilaku untuk aman dari Covid-19 sambil melakukan aktivitas normal.

“Satgas Penanganan Covid-19 Samosir akan tetap memantau efektivitas penerapan budaya baru. Mungkin saja, jika yang terjadi adalah inefektivitas, maka Satgas Penanganan Covid-19 Samosir akan melakukan tindakan preventif yang bersegera jika dianggap perlu berdasarkan evaluasi lapangan”, terang Rohani Bakkara.

Menurut Rohani Bakkara, Tetap fokus pada protokol kesehatan adalah tanggung jawab kolektif untuk menghadang infeksi Covid-19 di Samosir. Kita sudah menerima protokol kesehatan adalah satu-satunya upaya pencegahan saat ini, namun seberapa berhasilkah kita dalam implementasinya sehari-hari?

“Pertanyaan reflektif ini idealnya diikuti dengan prilaku dengan protokol kesehatan sebagai hal yang wajib dihidupi. Rasanya tidak perlu harus terpapar, kemudian kita secara ketat melakukan protokol kesehatan. Adalah lebih baik mencegah daripada mengobati karena terpapar Covid-19 karena biaya pengobatannya relatif mahal”, ujarnya.

Begitu pun kata Rohani, Satgas Penanganan Covid-19 Samosir secara terus menerus mengimbau untuk tetap fokus menjalankan protokol kesehatan agar Samosir tetap zona hijau dan aman dari Covid-19, itu semua untuk kebaikan bersama selama pandemi, tutupnya.

Data Perkembangan Covid-19, Selasa (4/8)
Nasional
Konfirmasi : 1.922 orang (115.056)
Sembuh : 1.813 orang (72.050)
Meninggal Dunia: 86 orang (5.388)

Provinsi Sumatera Utara
Konfirmasi (+) : 68 orang (4.261)
Sembuh : 65 orang (1717)
Meninggal Dunia : 5 orang (209)

Kabupaten Samosir
Suspek : Nihil
Konfirmasi : Nihil
Sembuh : 1 orang
Meninggal Dunia : Nihil

(JuntakStar/Polhut)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed