by

Jadup Pengungsi Erupsi Gunung Sinabung Siap Di Cairkan

Berita Tanah Karo.Olnewsindonesia,Kamis(05/07)

Bantuan Jadup  yang selama ini di nanti kan oleh warga pengungsi erupsi Gunung Sinabung akhirnya di realisasikan  oleh pemerintah pusat melalui Pemkab Karo.

Hal tersebut diungkapkan Menteri Sosial Idrus Marham melalui Dirjen Perlindungan dan Jaminan Sosial Kementerian Sosial Harry Hikmat kepada Bupati Karo Terkelin Brahmana, Rabu (04/07) di ruang kerja Kementerian Sosial,  di Jakarta.

“Bila tidak ada halangan, direncanakan dalam bulan ini Menteri Sosial akan datang ke Kabupaten Karo, untuk menyerahkan langsung secara simbolis jadup kepada pengungsi. Sedang di kordinasi kan (rencana) pada rabu (12/07) oleh protokol Kementerian Sosial, ‘ujar Dirjen.

Ket foto : Bupati Karo Karo bersama staf kementerian sosial tampak serius berdialog, Rabu (04/07).
Ket foto : Bupati Karo Karo bersama staf kementerian sosial tampak serius berdialog, Rabu (04/07).

Dalam kunjungan kordinasi dan konsultasi ke Kementerian Sosial terkait sejumlah masalah pengungsi seperti jaminan hidup (jadup) dan persiapan relokasi tahap tiga, Bupati Karo Terkelin Brahmana didampingi Kepala Dinas Sosial Kabupaten Karo, Benyamin Sukatendel, SE, MM dan Usaha Purba Kabid Dinas Sosial

Pengerjaan relokasi bagi pengungsi korban erupsi Gunung Sinabung telah memasuki tiga tahap yakni :

1. Relokasi tahap pertama  di Siosar dengan jumlah 370 Kepala Keluarga.
2. Relokasi tahap kedua dilakukan secara mandiri terhadap  sekitar 1.682 KK dan tambahan 181 KK di 14 lokasi hamparan.
3. Relokasi tahap tiga akan di koordinasikan pada sekitar 3.376 jiwa atau 1.655 KK ke desa Siosar Kecamatan Merek.

Proses pengerjaan relokasi tahap ini ini ditargetkan penyelesaian pembersihan lahan seluas 480 Ha

Dirjen Perlindungan dan Jaminan Sosial Kementerian Sosial, Harry Hikmat kepada Bupati Karo Terkelin Brahmana mengatakan, pemerintah akan terus memperhatikan dan memastikan bantuan bagi warga yang mengungsi akibat erupsi Gunung Sinabung di Kabupaten Karo. “Itu untuk membuktikan bahwa pemerintah hadir dalam setiap masalah yang dihadapi masyarakat,” katanya.

Dalam kunjungan kordinasi dan konsultasi ke Kementerian Sosial terkait sejumlah masalah pengungsi seperti jaminan hidup (jadup) dan persiapan relokasi tahap tiga, Bupati Karo Terkelin Brahmana didampingi Kepala Dinas Sosial Kabupaten Karo, Benyamin Sukatendel, SE, MM dan Usaha Purba Kabid Dinas Sosial.

Bupati Karo Terkelin Brahmana kepada wartwan menjelaskan bahwa  masalah jadup pengungsi sudah selesai. Direncanakan Rabu depan (12/07).”Sudah clear and clean,Kemungkinan diserahkan secara simbolis oleh Menteri Sosial. Menyangkut persiapan relokasi tahap ke tiga, ditargetkan tahun ini, paling tidak bulan Oktober sudah selesai pembersihan lahan seluas 480, 11 hektar untuk lahan pertanian pengungsi,”pungkasnya.

(david)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.