by

Warga Dua Desa Kecamatan Merdeka Duduki Kembali Lahan PTPN II Dan PT Bakrie Plantations Tbk

Berita Karo.OLNewsindonesia,Kamis(04/04)

Ketiga kalinya warga masyarakat dua desa (Gongsol dan Keling) kembali duduki lahan PTP Nusantara II ( Tembakau Dan Marike) serta PT. Bakrie Platations Tbk yang berada di jalan Gundaling Desa Gongsol Kecamatan Merdeka, Kabupaten Karo pada Rabu (03/04) 2019 pukul 09.10 WIB.

Alasan warga menduduki lahan tersebut karena warga mengklaim bahwa lahan yang di pergunakan untuk Mess dan Bungalau PTP Nusantara II dan PT. Bakrie Platations adalah milik ulayat ataupun Tanah Adat Leluhur mereka dari keluarga Surbakti Mergana.

Menurut Setory Ginting (54) selaku perwakilan warga Desa Gongsol saat media meminta konfirmasi mengatakan, ” sejak tahun 1917 rumah peninggalan Belanda yang dikuasai pihak PTP Nusantara II dan PT Bakrie ini dikontrakkan oleh Belanda ke orang lain hingga kini tidak bisa kami gunakan lahan ini.”

Ket foto  : spanduk yang terbentang di lokasi lahan PTP  Nusantara II Gongsol
Ket foto : spanduk yang terbentang di lokasi lahan PTP Nusantara II Gongsol

Ada sekitar 6000 orang penduduk Gongsol, jadi kami mohon ke Presiden pak Jokowi yang terhormat! , tolong bantu kami memperjuangkan hak hak kami!, “teriak Setory ke awak media yang meliput dan di hadapan massa yang hadir.

Lanjutnya lagi,” saksi hidup masih ada, nenek saya sendiri mengetahui persis situasi lahan ini ! , kami malu melihat hal ini, desa ini merupakan salah satu wilayah yang dekat ke Kecamatan tapi tidak memiliki Sekolah , Puskesmas , dan fasilitas umum lainnya. Sudah pernah pihak Pemerintahan Desa menyurati Pemerintah Kabupaten untuk diteruskan ke PT Bakrie , namun hingga kini tidak ada jawabnya.

Sementara itu Thomas Surbakti (52) perwakilan warga Desa Merdeka saat di tanya terkait tujuan aksi ini, mengatakan, ” mengingat masyarakat ke dua desa membutuhkan fasilitas umum, seperti Puskesmas , Balai Desa , Sekolah , dan lainnya, jadi kita perjuangkan hak ulayat kita ini, serta mengingat pemukiman warga tidak layak lagi kami membutuhkan lahan negara, dimana oleh negara yang mengatasnamakan PTP Nusantara II (Marike, Tembakau ) ini, “terangnya.

Pantauan crew Olnewsindonesia di lokasi tampak ratusan warga masyarakat dua desa menduduki lahan PTP Nusantara II dan PT Bakrie dengan membawa dan Membentangkan spanduk yang bertuliskan ‘ Tanah Ini Milik Surbakti Mergana warga Desa Gongsol dan Keling’ , sembari terus berteriak,! kembali kan Tanah ulayat kami.. Kembalikan hak hak rakyat, tolong bantu kami pak Jokowi, “teriak warga yang mayoritas Kaum Bapak dan Ibu .

(David)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.