by

BPBD Berhasil Temukan Jasad Korban Banjir Bandang Di Rancang Bosi Samosir

Berita Samosir,OLNewsindonesia, Sabtu (4/5)

Dengan menggunakan alat berat, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) kabupaten Samosir yang dibantu oleh TNI/POLRI dan masyarakat, jasad korban banjir bandang yang terjadi pada hari Jum’at kemarin, Tiaman boru Sinaga (66) warga Rancang Bosi dusun II Desa Buntu Mauli kecamatan Sitio Tio Samosir, telah ditemukan di lokasi rumah nya yang tertimbun oleh tanah lumpur, Sabtu (4/5) sekira pukul 12.00 wib.

Pantauan OLNewsindonesia.com dilokasi banjir bandang, keluarga korban tampak histeris melihat jasad korban (TS) dievakuasi dari timbunan lumpur, untuk selanjutnya dibersihkan oleh dinas kesehatan kabupaten Samosir.

Saat dimintai keterangannya terkait kronologis datang nya banjir bandang, Kawan Situmorang kepala desa Buntu Mauli mengatakan, banjir bandang datang setelah hujan es beserta angin kencang dua puluh menit setelahnya.

Foto : Bupati Samosir Drs.Rapidin Simbolon MM menunjau dan memberi  memberikan arahan kepada team gabungan basarnas disela jasad korban Tiaman boru Situmorang (66) di bersihkan oleh dinkes Samosir di tenda BNPB, Sabtu (4/5)
Foto : Bupati Samosir Drs.Rapidin Simbolon MM menunjau dan memberi memberikan arahan kepada team gabungan basarnas disela jasad korban Tiaman boru Situmorang (66) di bersihkan oleh dinkes Samosir di tenda BNPB, Sabtu (4/5)

“Awal nya hujan es kristal turun beserta dengan angin kencang selama kurang lebih 20 menit (sekira pukul 16.00 wib) di desa Buntu Mauli”, ungkap nya.

Lanjut kades, Setelah itu hujan reda beberapa menit, dan selanjutnya hujan turun kembali, dan saat itulah air sungai yang membelah dua dusun (dusun I dan II bersama tanah lumpur dan material kayu datang dari lereng gunung dan menimpa permukiman dan kebun warga di perkampungan Rancang Bosi ini, beber Kawan Situmorang.

Dampak akibat banjir bandang tersebut, sebanyak 8 rumah warga rusak, diantaranya 4 unit rumah rata tertimbun tanah lumpur (rusak berat), 4 unit lagi rusak ringan, satu orang meninggal dunia dan satu orang lagi patah tulang, dan sedang di rawat dirumah sakit yang ada medan, ujarnya.

Ditempat yang Sama, kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Samosir, Muller Tamba menjelaskan bahwa setelah kita mengetahui kabar bencana banjir bandang di Buntu Mauli, sesegera team turun ke lokasi untuk lakukan evakuasi.

“Begitu tau kabar ada banjir bandang, kita langsung turun kelokasi dan berkoordinasi dengan pihak terkait dalam hal penanganan awal”, ungkap Muller Tamba kepada wartawan.

Akibat cuaca buruk kemarin malam, kita belum turunkan alat berat, baru tadi pagi alat berat kita datangkan yang bekerjasama dengan dinas PUPR Samosir, kata nya.

Tepat pukul 12.00 wib, team BPBD yang dibantu oleh TNI/POLRI bersama dengan masyarakat sekitar lokasi, kami berhasil menemukan korban atas nama Tiaman boru Situmorang yang tertimbun tanah lumpur. Selanjutnya dibersihkan dan diserahkan kepada pihak keluarga untuk, ucapnya.

Tampak juga dilokasi bencana, Bupati Samosir Drs.Rapidin Simbolon MM serta beberapa kepala OPD Samosir memantau proses pencarian dan evakuasi korban banjir bandang di Desa Buntu Mauli kecamatan sitio Tio kabupaten Samosir Sumatera Utara.

(JuntakStar).

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.