by

Bazar Shop & Care Digelar Dinas PPKUKM Di Balai Kota

Berita Jakarta, Berita Online Indonesia Di Online News Indonesia, www.olnewsindonesia.com

Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah (PPKUKM) DKI Jakarta menggelar bazar produk Jakpreneur bertema ‘Shop&Care’ di Ruang Serbaguna Balai Kota DKI Jakarta pada 19-22 September 2022.

Bazar ini diisi kurang lebih 40 tenant yang menampilkan beragam produk menarik dari Jakpreneur mulai dari kuliner, fesyen dan kriya.

Acara pameran tersebut melibatkan beberapa kolaborator potensial seperti Dekranasda DKI Jakarta, Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia RI dan Experience Jakarta.

Kepala Dinas PPKUKM DKI Jakarta, Elizabeth Ratu Rante Allo mengatakan, tujuan dilaksanakannya kegiatan ini untuk memperkenalkan dan mendorong pemasaran produk Jakpreneur.

“Masih dalam tema nasional ‘Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat’, Jakpreneur menambahkan semangat ‘Kolaborasi Lebih Hebat’. Dengan tema Shop&Care, Jakpreneur tak ingin bazar ini hanya menjadi ajang pemasaran, tapi juga menunjukan dukungan kolaborator dengan memiliki spirit yang sama,” ujarnya, Selasa (20/9).

Kepala Bidang Perindustrian Dinas PPKUKM DKI Jakarta, Dhani Hendranala mengatakan hal serupa. Sesuai tema yang diusung, kegiatan ini merupakan bentuk kepedulian Pemprov DKI Jakarta dalam mendukung pelaku UMKM di Jakarta untuk kembali produktif dan naik kelas.

“Diharapkan dengan kita dapat berbelanja, secara tidak langsung bisa membantu memberikan solusi permasalahan ekonomi yang mereka hadapi,” urai Dhani.

Dhani mengutarakan, bazar ‘Shop&Care’ menyasar para ASN, khususnya yang bekerja di lingkungan Balai Kota DKI Jakarta. Meski demikian, pameran produk Jakpreneur ini juga terbuka untuk umum.

“Kami menilai di tempat ini juga ada potensi untuk penjualan. Memang lebih difokuskan kepada ASN yang bekerja di Balkot DKI Jakarta.” ucapnya.

Pada kesempatan itu, Dhani juga mengajak para pelaku UMKM di Jakarta untuk ikut bergabung dalam program Pengembangan Kewirausahaan Terpadu sebagai Jakpreneur.

Berbagai kegiatan yang terdapat pada program ini diyakini bakal memberikan segudang manfaat bagi para pelaku usaha.

“Di antaranya memberikan kesempatan pelatihan dan perluasan pemasaran. Melalui pelatihan ini kita mendapatkan pelaku UMKM yang naik kelas dan menghasilkan produk-produk yang berkualitas. Kita mempunyai program pameran untuk promosi produk, mereka juga kita libatkan,” tandas Dhani.

Perlu diketahui, selain mengenalkan produk-produk menarik Jakpreneur, pameran ini juga diisi rangkaian kegiatan talkshow yang bisa bermanfaat bagi para pengunjung, di antaranya:

-Talkshow Pembekalan dan Pendampingan Pendaftaran Perseroan Perseorangan dari Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia RI.

-Talkshow Strategi Perlindungan Konsumen bagi UMKM dari Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen

-Live Demo Pelatihan Pembuatan Produk Kreatif (Parfum Padat, Clay, Decoupage Round Bag dan candle Art) Oleh Jakarta Cretive Hub.

-Asistensi/Pendampingan Penginputan Siera Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri (P3DN) Oleh tim P3DN.

Acara pameran atau bazar ini juga turut dimeriahkan live music dari Lembaga Pemasyarakatan Narkotika yang bertujuan mendekatkan hubungan silaturahmi antara WBP dengan para pengunjung pameran dan mendukung pihak terkait dalam membangun dan mengembangkan kreatifitas warga binaan melalui bakat musik.

210