by

Rakor Tim Pengawasan Orang Asing Digelar Pemkot Jakbar Dan Imigrasi

Berita Jakarta, Berita Online Indonesia Di Online News Indonesia, www.olnewsindonesia.com

Pemkot Jakarta Barat beserta Imigrasi Kelas 1 Khusus Non Tempat Pemeriksaan Imigrasi (TPI) Jakarta Barat, Selasa (20/9), gelar rapat koordinasi Tim Pengawasan Orang Asing (TIMPORA) di Hotel Mercure Jakarta Batavia, Kelurahan Roa Malaka, Tamansari.

Rapat tersebut dihadiri Asisten Pemerintahan Kota Jakarta Barat, Firmanudin dan Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Provinsi DKI Jakarta, Ibnu Khaldun. Serta 40 peserta perwakilan kecamatan, kelurahan, FKDM, LMK, RT, RW dan Karang Taruna serta unsur perwakilan masyarakat lainnya.

Kasuban Kesbangpol Kota Jakarta Barat, Mohammad Matsani mengatakan, rapat koordinasi ini untuk menciptakan hubungan harmonis antar instansi dalam rangka penegakan hukum terkait orang asing dan upaya penanganannya.

Menurutnya, kolaborasi dan koordinasi semua unsur pemerintah dapat memperkuat pengawasan terhadap warga negara asing di lingkungan masyarakat untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan.

“Kami mendukung sepenuhnya pengawasan terhadap orang asing dengan melibatkan unsur pemerintahan mulai dari tingkat RT hingga camat,” tuturnya.

Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham DKI Jakarta, Ibnu Khaldun menambahkan, pengawasan terhadap keberadaan dan kegiatan orang asing sangat diperlukan dalam rangka mengantisipasi hal-hal yang dapat mengganggu keamanan dan ketertiban dalam kehidupan bermasyarakat, sekaligus upaya penegakan hukum.

“Diharapkan ini dapat dijadikan wadah untuk saling bertukar informasi, guna memudahkan melakukan pengawasan terhadap keberadaan dan tingkah laku orang asing di Jakarta Barat,” ungkapnya.

210