by

Disambut Warga Kick Off Kota Jakarta Sebagai Keketuaan ASEAN 2023 Di Bundaran HI

Berita Jakarta, Berita Online Indonesia Di Online News Indonesia, www.olnewsindonesia.com

Kick Off Keketuaan ASEAN Indoensia 2023, Minggu (29/1), resmi dicanangkan Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) di tengah pelaksanaan Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB) di kawasan Bundaran HI, Jakarta Pusat.

Kick off yang ditandai aksi menabuh rebana oleh Presiden Jokowi dan disaksikan duta besar negara-negara ASEAN ini, disambut antusias warga Jakarta yang hadir di kawasan Bunderan HI.

Indra (29) warga Jakarta Utara yang menyaksikan acara ini mengaku, sangat bangga dengan terpilihnya Jakarta sebagai salah satu tuan rumah dalam hajat KTT ASEAN ke-34 ini.

“Saya berharap, peran Indonesia sebagai Ketua ASEAN bisa memberi manfaat bagi masyarakat,” ucapnya.

Hal senada diutarakan Kartika Dewi (34). Warga Cengkareng, Jakarta Barat ini menilai, ini merupakan kesempatan bagi Indonesia dan Jakarta untuk menunjukkan perannya kepada dunia.

“Sebagai warga Jakarta, tentu saya bangga. Kita harus tunjukkan bahwa Jakarta sudah maju dan sejajar dengan kota besar di dunia,” tegasnya.

Acara Kick Off Keketuaan ASEAN Indonesia yang dilaksanakan Pemprov DKI dengan Kementerian Luar Negeri ini, diisi dengan rangkaian parade pakaian Nusantara yang berjalan dari Sarinah menuju ke Bunderan HI.

Ada pula parade bendera negara ASEAN yang dibawakan ratusan pelajar, marching band, Ondel-ondel dan lain-lain.

Dalam sambutannya, Presiden Jokowi menyatakan, peran ASEAN di tengah situasi dunia yang dalam ketidakpastian dampak dari gejolak geopolitik, krisis pangan dan krisis ekonomi harus dibarengi optimisme.

Karena itu, Jokowi menekankan agar ASEAN tetap relevan dengan kepentingan rakyat, kawasan dan dunia, serta mampu berkontribusi menjaga stabilitas dan keamanan kawasan pasifik.

“ASEAN harus menjadi episentrum pertumbuhan ekonomi, terus menjaga pertumbuhan ekonomi,” tandasnya.

Untuk informasi, Keketuaan ASEAN Indonesia 2023 mengambil tema ASEAN Matters: Epicentrum of Growth. Sejak ASEAN berdiri 1967, Indonesia telah empat kali dipercaya sebagai Ketua ASEAN, yaitu 1976, 2003, 2011 dan 2023.

210