by

Omzet Rp 45 Juta Di Mini Bazar Balkot Farm

Berita Jakarta, Berita Online Indonesia Di Online News Indonesia, www.olnewsindonesia.com

Koordinator Penggiat Urban Farming Balkot Farm, Latifah mengatakan, bazar mini ini diikuti penggiat urban farming dari lima wilayah kota. Tiap bulannya bisa meraup omzet penjualan antara Rp 8 hingga 10 juta.

“Alhamdulilah, bazar kami sudah berjalan lima bulan. Sejak pandemi melandai dan pelonggaran kegiatan masyarakat. Omzet yang kita peroleh tidak menetap, per bulan bisa mendapatkan Rp 8 hingga 10 juta, tergantung ramainya pembeli,” ujarnya melalui keterangan tertulis, Sabtu (29/10).

Latifa menambahkan, produk yang ditawarkan di Bazar Mini Balkot Farm ini terdiri dari hasil panen sayuran seperti Salada Romain, Lettuce, Salada Merah, Kangkung, Bayam, Pakcoy, dan lainnya.

Selain itu, juga ada produk olahan seperti salad, keripik, minuman jus kale, kunyit asem, beras kencur, teh kembang teleng, teh andelem dan lainnya.

“Hasil panen dan produk olahan yang dijual cukup diminati para ASN dan warga yang berkunjung ke Balai Kota. Produk yang kami tawarkan harganya sangat terjangkau dan masih segar semua,” ucapnya.

Selain untuk meningkatkan perekonomian, menurut Latifa, kegiatan bazar ini juga sebagai upaya mensosialisasikan program ketahanan pangan dan penghijauan lingkungan

“Pengunjung diberikan edukasi cara bertanam dengan media hidroponik. Kami ingin mereka juga bisa ikut berkontribusi menjaga ketahanan pangan dan penghijauan lingkungan,” tuturnya.

Amalia (33), salah satu pengunjung Balkot Farm, mengaku senang bisa berbelanja sayuran di bazar ini karena masih segar dan jenisnya jarang ditemukan di pasar.

“Ada beberapa sayurannya yang jarang saya temui di pasar. Hasil panen dari hidroponik ini juga cukup bagus,” tandasnya.

Jmy