by

Bupati Karo Apresiasi Kodim 0205/TK Dalam Karya Bakti TMMD Ke 101

Berita Karo OLNewsindonesia,Rabu(30/01)

Bupati Karo Terkelin Brahmana bersama Dandim 0205/TK Letkol Inf Taufik Rizal SE didampingi Kasdim 0205/TK Mayor Inf Daulat Marpaung, kepala Bappeda Ir Nasib Sianturi Msi, kepala dinas perhubungan Gelora Fajar,Purba SH, Camat Barus Jahe Kalsium Sitepu, Sekcam Barus Jahe dan para kepala desa se-kecamatan Barus Jahe, melakukan peninjauan hasil TMMD KE-101 dan Karya Bakti tahun anggaran 2018 APBD Karo, Rabu (30/01) 2019 pukul 11.00 WIB di Desa Serdang Kec. Barus Jahe Kab. Karo.

Menurut Taufik, peninjauan ini, sengaja dilakukan ingin memastikan program lanjutan TMMD KE-101 tahun 2018 yang telah selesai dikerjakan oleh Kodim 0205/TK yang menelan biaya APBD Karo 1,6 Miliyard dengan pengerjaan pembukaan jalan sepanjang 2.7 Km, sedangkan lanjutan pekerjaan diakhir tahun 2018 melalui APBD Karo dengan program Karya Bakti menelan biaya 1.5 Miliyard dengan peningkatan jalan sepanjang 2.5 Km.

Kedua titik ruas jalan ini berbentuk ringroad tidak melewati Desa Serdang telah dikerjakan hingga sekarang hasil cek dilapangan akses jalan sudah dibuka, sampai dengan batas kami tinjau dengan Bupati Karo, sudah berkisar 5.2 Km dengan lebar 10-12 meter telah selesai dikerjakan, ” jelas Taufik.

Ket foto  : Bupati Karo Bersama Dandim 0205 /TK dan rombongan memantau jalan yang dibuka oleh TNI dalam TMMD KE-101 Rabu (30/01) 2019
Ket foto : Bupati Karo Bersama Dandim 0205 /TK dan rombongan memantau jalan yang dibuka oleh TNI dalam TMMD KE-101 Rabu (30/01) 2019

Iya, tadi kita tinjau Karya Bakti ini sudah hampir rampung progres pengerjaannya oleh anggota Kodim 0205/TK, tinggal sedikit lagi, baru sudah siap semua, intinya anggota saya masih bekerja, setelah sampai dibatas kawasan hutan konservasi nanti baru kita berhenti bekerja, karena sesuai spesifikasi yang kami terima dari pihak Pemda Karo, batasnya di perbatasan kawasan hutan konservasi, ” tandas Dandim.

Harapan saya, jika Pemda Karo bersedia melanjutkan peningkatan jalan yang terhenti di dikawasan hutan konservasi, yang menurut peta, tidak jauh lagi ke desa Rumah Liang Kec . STM Hilir Kab . Deliserdang, jarak yang harus dibuka tinggal berkisar 2,5 km lagi, jalan Karya Bakti ini akan tembus ke rumah Desa Liang Kec STM Hilir Kab .Deliserdang , ” imbuhnya.

Sementara Bupati Karo Terkelin Brahmana mengatakan, Pemda Karo sangat mengapreisasi dan mengucapkan terimakasih kepada Kodim 0205/TK, yang telah bekerja melalui TMMD KE-101 dan dilanjutkan Karya Bakti dengan APBD Karo tahun 2018, sehingga sekarang ini akses jalan sudah dibuka dan sebentar lagi dapat dilalui ,” ujar Terkelin.

Tadi saya sudah berjalan sekitar 20 menit bersama dandim menuju perbatasan wilayah Kab Karo dan Kab . Deliserdang, dan terbukti akses jalan ini sudah ada sejak zaman Belanda, dimana masyarakat Karo khususnya masyarakat Barusjahe sudah saling bersilaturhami dengan masyarakat Desa Liang Kec . STM Hilir Kab. Serdang, saling berkunjung.

Tanda adanya hubungan antar desa sejak lama, terbukti adanya sebuah jembatan disungai sudah terputus, bekas jembatan masih ada baik pondasi bangunannya, masih ada terlihat, ” tandas Terkelin.

Ket foto : Bupati Karo saat berada di jembatan pembatas antar desa antar Kabupaten Karo dan Kabupaten Deliserdang
Ket foto : Bupati Karo saat berada di jembatan pembatas antar desa antar Kabupaten Karo dan Kabupaten Deliserdang

Untuk itu, tadi saya instruksikan Bappeda agar mengkaji lagi, apakah pembukaan akses lanjutan jalan melalui Karya Bakti dapat dilanjutkan sampai dengan batas kawasan hutan konservasi, agar akses jalan ini dapat terhubung antara kedua Kabupaten Karo dan Deliserdang .

Selain itu, dampak-nya sangatlah luas,dapat membantu roda perekonomian Kab . Karo, bahkan mengurai kemacatan lalu lintas, jalan Medan- Berastagi, ini isu yang perlu kita angkat, agar stakeholder dan pemangku kepentingan lainnya, mendukung program jalan alternatif ini, yang lebih spesial mempersingkat waktu ke bandara KNO, maupun sebaliknya tamu turis dari KNO ke Danau Toba bisa melalui akses jalan ini,” terangnya.

Di waktu yang sama, kepala Bappeda Kab. Karo Ir Nasib Sianturi Msi menjelaskan dan membenarkan Karya Bakti yang dilakukan oleh Kodim 0205 /TK, sementara hanya dapat bekerja sepanjang 2.5 Km sesuai peta dan spesifikasi yang kita keluarkan. Kendalanya masih ada lagi sepanjang 2.2 Km masuk wilayah hutan konservasi, dan semua ini butuh izin ke Menteri Kehutanan , ” kata Nasib.

Sianturi menegaskan, segera akan kita ajukan surat susulan ke tingkat Provinsi , agar pihak Provinsi mengeluarkan izin rekomendasi baru nanti kita teruskan ke Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan di Jakarta, “ujarnya.

Iya, ya dalam minggu ini akan saya kirim suratnya, jika sudah ada kepastiannya saya akan kordinasi dengan Dandim 0205 /TK, untuk Karya Bakti selanjutnya,” janji Sianturi.

(David)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.