by

Rute Mudik Alternatif Mana Saja Yang Disiapkan Menhub Untuk Pulau Jawa

Bogor – OLNewsindonesia, Persiapan-persiapan menjelang mudik lebaran, tengah terus dipersiapkan oleh pemerintah. Termasuk mempersiapkan jalur-jalur alternatif bagi rute rute yang akan diambil pemudik agar tidak macet.

Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi mengatakan  “Lintasan yang kita usulkan, ada tiga lintasan, yaitu Pantura, Cipali, dan selatan. Bahkan (jalur) selatan itu banyak sekali jalan-jalan yang alternatif,” ujar beliau.

Ditambahkan Menhub, Panglima TNI telah menyatakan kesediaannya untuk membantu penyelesaian jalan-jalan alternatif di wilayah selatan menjadi jalan yang lebih berfungsi.

“Kita harapkan gunakanlah jalur itu tiga jalur, ada Pantura, ada Cipali, dan ada jalur selatan. Sehingga tidak macet di satu tempat. Dan kita kalau kebanyakan ke Cipali, kita akan buka tutup dan kita arahkan ke selatan atau ke utara,” tambah Menhub.

Rencana pengalihan jalur ini telah disepakati oleh kepolisian untuk dilaksanakan. Kementerian Perhubungan juga terus melakukan koordinasi dengan Kementerian PUPR dan Kapolri terkait kesiapan angkutan jelang mudik lebaran sejak bulan Maret lalu.

“Kita akan rapat lagi dan kita akan menugaskan Basarnas untuk menyediakan helikopter di Cipali,” tambah Menhub.

Saat ini, lanjut Menhub, pertumbuhan angkutan udara mencapai 9 persen, sementara angkutan motor tumbuh lebih dari 10 persen.

“Khusus untuk motor, kita harapkan dengan adanya mudik gratis motor dan mudik gratis orang sejumlah 208.000 itu bisa juga mengurangi jumlah,” tambah Menhub.

Menhub mengimbau agar masyarakat mempertimbangkan untuk menggunakan angkutan mudik yang lain selain motor. Sebagai antisipasi persiapan, Menhub akan mengecek kesiapan di Bandar Udara Soekarno Hatta seperti mengecek kondisi moda transportasi udara karena ada pertumbuhan dari pesawat yang disiapkan. Juga mengecek kesiapan pelabuhan Merak dan di luar Jawa.

(Source:Menhub)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.