by

BPBD DKI Turut Serta Jaga Keamanan Ibu Kota Dan Aktif Pantau Arus Mudik Lebaran

Berita Jakarta, Berita Online Indonesia Di Online News Indonesia, www.olnewsindonesia.com

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta turut aktif terlibat dalam rangka menjaga ketenteraman, ketertiban umum, dan perlindungan masyarakat dengan bersinergi bersama seluruh unsur pentahelix yang ada di Jakarta.

Hal ini sejalan dengan Surat Edaran Menteri Dalam Negeri Nomor 400.4.4.1/2205/SJ tentang Peningkatan Penyelenggaraan Ketenteraman dan Ketertiban Umum Serta Perlindungan Masyarakat Menghadapi Hari Raya Idulfitri 1444H Tahun 2023.

Kepala Pelaksana BPBD DKI Jakarta Isnawa Aji mengatakan, sesuai dengan SE tersebut, BPBD diarahkan untuk meningkatkan kesiapsiagaan dan berkoordinasi secara intensif dengan unsur TNI/Polri untuk memastikan pelaksanaan aktivitas masyarakat jelang hari raya dapat berjalan dengan baik dan kondusif.

“Saya telah menginstruksikan kepada 267 petugas penanggulangan bencana/TRC yang ada di seluruh wilayah Jakarta untuk tergabung dalam Posko Terpadu Pengamanan Hari Raya Idulfitri 1444 Hijriah, tahun 2023 bersama TNI/Polri, Dishub, Satpol PP, dan instansi terkait lainnya untuk memonitor kondisi pada titik-titik yang menjadi lokasi masyarakat yang melaksanakan mudik ke kampung halamannya”, ujar Isnawa, dikutip dari Siaran Pers PPID DKI, Jumat (21/4).

BPBD DKI tetap memonitor kondisi kebencanaan yang ada di Jakarta melalui layanan petugas yang ada di Pusat Data dan Informasi Kebencanaan dengan tetap menyiagakan layanan kedaruratan Jakarta Siaga 112, untuk memberikan rasa aman dan nyaman bagi warga Jakarta yang tidak melaksanakan mudik.

“Kondisi Jakarta hingga saat ini terpantau aman dari bencana. Diimbau kepada warga masyarakat yang melaksanakan mudik untuk pastikan kembali rumah yang ditinggalkan aman dari bencana. Dan bagi warga yang tidak mudik, untuk tetap meningkatkan kewaspadaan dan kesiapsiagaan dari segala potensi bencana yang ada,” tambah Isnawa.

BPBD DKI juga telah mendirikan Posko Dapur Air di Laksamana Malahayati, Kalimalang Pangkalan Jati, Jakarta Timur, sejak tanggal 20 sampai dengan 25 April 2023, sebagai upaya dukungan logistik bagi para pemudik dan petugas yang berjaga pada titik yang biasanya dilalui kendaraan roda dua yang pulang ke kampung halamannya.

“Pada posko ini kami telah menyiapkan sejumlah fasilitas seperti tempat istirahat, dapur air, pengisian daya ponsel, dan layanan konseling bagi para pemudik secara gratis,” terang Isnawa.

210