by

Dinas Kesehatan Kabupaten Karo Peringati HKN Ke 55 Dan Di Buka Wakil Bupati Karo Cory Seriwaty

Berita Karo.OLNewsIndonesia,Jum’at(29/11

HKN yang diperingati setiap tanggal 12 November yang merupakan agenda Nasional, turut dilaksanakan di setiap daerah, dan dalam memeriahkan Hari Kesehatan Nasional (HKN) yang ke 55 tahun ini, Dinas Kesehatan Kabupaten Karo menggelar berbagai kegiatan dan, Lucky Draw serta perlombaan di (Jambur) aula Gerga Mulawari Tigapanah Kec.Tigapanah Kab.Karo, Jumat (29/11) 2019 pukul 09.00 WIB dengan tema “Generasi Sehat Indonesia Unggul”.

Crew OlnewsIndonesia.com saat meminta tanggapan Kadis Kesehatan Kabupaten Karo drg. Irna Safrina Meliala M. Kes terkait Stunting mengatakan ,”mulai dari janin hingga kelahiran bayi itu harus kita pantau, tetapi tidak terlepas dari faktor lingkungan itu juga harus kita perhatikan bersama sama, dan kita menghimbau kepada seluruh warga masyarakat agar tidak membuang Air Besar (BAB) sembarangan karena bisa menyebabkan timbulnya berbagai penyakit,”jelasnya.

Ket foto  : Wakil Bupati Karo Cory Seriwaty Br Sebayang saat mengikuti acara HKN  Ke  55  Di Aula Gerga Tigapanah Kab Karo, Jumat (29/11) 2019 (Ist)
Ket foto : Wakil Bupati Karo Cory Seriwaty Br Sebayang saat mengikuti acara HKN Ke 55 Di Aula Gerga Tigapanah Kab Karo, Jumat (29/11) 2019 (Ist)

Wakil Bupati Karo Cory Seriwaty Br Sebayang dalam sambutannya mengatakan,”Hari Kesehatan Nasional diperingati setiap tanggal 12 November dalam satu rangkaian kegiatan, baik ditingkat Pusat maupun Daerah.Pembagunan kesehatan sebagai pelaksana amanat UUD 19 45 telah mencapai hasil yang menggembirakan. Pembangunan kesehatan kita telah berkontribusi dalam pembangunan manusia dengan meningkatnya nilai indeks pembangunan kesehatan masyarakat (IPKM) tahun 2018 adalah bukti nyata capaian pembangunan kesehatan sepanjang lima tahun terakhir,”ujar Cory Sebayang.

Lanjutnya lagi, “yang mana menurun nya angka Stunting Balita, angka kematian Ibu dan angka kematian Neonatal. Strategi pembangunan kesehatan yang kita bangun melalui tiga pilar yaitu paradigma sehat, penguatan akses pelayanan kesehatan dan penyediaan biaya melalui jaminan kesehatan Nasional, dan melalui program gerakan masyarakat hidup sehat (Germas).

Ket foto : Para Dokter dan Kepala Puskesmas Se Kabupaten Karo turut hadir dalam memeriahkan HKN Ke 55 Di Aula Gerga Tigapanah Kab Karo, Jumat (29/11) 2019  (Ist)
Ket foto : Para Dokter dan Kepala Puskesmas Se Kabupaten Karo turut hadir dalam memeriahkan HKN Ke 55 Di Aula Gerga Tigapanah Kab Karo, Jumat (29/11) 2019 (Ist)

Program Indonesia Sehat dengan pendekatan keluarga (PIS PK), Program Nusantara Sehat (NS), dan program JKN, bersama seluruh komponen kesehatan baik lintas program maupun lintas sektor, dengan beragam tantangan dab rintangan telah berhasil menyelesaikan beberapa masalah – masalah kesehatan untuk mewujudkan sumber daya manusia yang sehat, “jelas Wakil Bupati Karo ini.

Sementara itu, Direktur RSU Kabanjahe, Dr. Arjuna Bangun selaku perwakilan RSU Se- Tanah Karo, menyampaikan dalam sambutannya, “kita sangat mendukung atas kegiatan ini, selamat memperingati Hari Kesehatan Nasional yang ke 55 semoga apa yang kita harapkan di kegitan ini tercapai,dan kepada Kadis Kesehatan, saya ucapkan sukses atas terlaksananya kegiatan ini,” ucapnya.

Hadir, Wakil Bupati Karo Cory Seriwaty Br Sebayang Staf Ahli Pemkab Karo, Pimpinan OPD Kab Karo,Kesbangpol, Kadis Sosial, Kadis Perizinan, Karo, Camat Se-Kabupaten Karo, Kejaksaan Negeri Kabanjahe, Kepala Puskesmas Se – Kabupaten Karo, IDI, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama serta Para undangan lainnya.

(David)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.