by

Bumi Super Ditemukan Peneliti, Permukaaanya Ditutupi Air

Berita Teknologi, Berita Online Indonesia Di Online News Indonesia, www.olnewsindonesia.com

Sebuah planet ekstrasurya yang hanya berjarak 100 tahun cahaya dari Bumi tampaknya menjadi kandidat terbaik untuk dunia laut yang berlumpur dan tertutup air.

Planet itu disebut TOI-1452b , dan pengukuran ukuran dan massa menunjukkan profil kepadatan yang konsisten dengan lautan cair global. Para ilmuwan percaya bahwa dunia seperti ini mungkin terjadi, tetapi mereka belum menemukannya secara meyakinkan.

Kita perlu menindaklanjuti dengan pengamatan dari Teleskop Luar Angkasa James Webb untuk mempelajari atmosfer planet ekstrasurya dan membuat keputusan yang lebih yakin tentang sifat TOI-1452b, tetapi hasil awalnya sangat menarik.

“Makalah ini melaporkan penemuan dan karakterisasi transit planet ekstrasurya TOI-1452b,” tulis tim peneliti yang dipimpin oleh astronom Charles Cadieux dari University of Montreal di Kanada dalam sebuah makalah yang diterbitkan di The Astronomical Journal .

“Hasil pemodelan interior kami dan fakta bahwa planet ini menerima iradiasi sederhana membuat TOI-1452b menjadi kandidat dunia air yang baik.”

Sangat mudah untuk melihat mengapa TOI-1452b menghindari deteksi sampai sekarang, meskipun jaraknya relatif dekat dengan Tata Surya.

Eksoplanet itu ditemukan mengorbit salah satu dari pasangan biner dekat katai merah redup kecil, yang dipisahkan oleh jarak hanya 97 unit astronomi . Itu sangat dekat sehingga kedua bintang itu tampak menjadi satu.

Sumber : Scientalert

210