by

Obor Paskah Nasional 2018 Tiba Di Kabupaten Tobasa

 

Tobasa.Olnewsindonesia,Jum’at (27/04)

Obor Paskah Nasional 2018, tiba di Toba Samoair (Tobasa), pada Jumat, (27/04) tepatnya di pendopo Rumah Dinas Bupati Tobasa. Obor paskah ini langsung diterima oleh Bupati Tobasa Ir Darwin Siagian dan wakil bupati Ir. Hulman Sitorus.

Disaksikan sekitar 200 undangan dari berbagai daerah perwakilan, Obor paskah ini dibawa dari Danau Tondano Sulawesi Utara dengan menggunakan kapal menuju Balige Tobasa yang sebelumnya tiba di Pulau Samosir kemarin
Kamis 27/4.

Setibanya di pendopo Rumah Dinas Bupati, bupati beserta rombongan penerima mengucap tiga kali horas, sebagai pertanda bahwa obor paskah diterima dengan kondisi masih menyala.

Sesaat sebelum menerima obor paskah ini, Bupati beserta rombongan melaksanakan jamuan makan malam. Rencananya, besok pagi (Sabtu 28/04) obor paskah ini akan diarak dari depan gereja HKBP Balige pada pukul 07:30 wib menuju lapangan Sisingamangaraja Balige.

Sebelum acara penutupan perayaan paskah Nasional 2018 dilaksanakan, besok sekitar pukul 09:00 Wib, terlebih dahulu obor paskah akan diarak melewati Kota Balige. Diharapkan semua undangan akan mengikuti arak-arakan ini.

Foto : Sebelumnya, Obor Paskah Nasional 2018 tiba dikabupaten Samosir, Kamis (27/04) dan acara pembukaan di Sigulatti, Sianjur Mula mula Samosir
Foto : Sebelumnya, Obor Paskah Nasional 2018 tiba dikabupaten Samosir, Kamis (27/04) dan acara pembukaan di Sigulatti, Sianjur Mula mula Samosir

Arak-arakan ini akan memakan waktu kira-kira 30-45 menit dengan jarak kurang lebih 3kilometer dengan berjalan kaki. Sedangkan yang memimpin arak-arakan
obor paskah ini adalah ephorus HKBP Pdt. Darwin Lumban Tobing.

Menurut Bupati Tobasa, ketua umum perayaan paskah Nasional adalah wakil
gubernur Sumatera Utara ini Hj. Nurhajizah Marpaung yang notabene beragama non Kristen. Ini menunjukkan bahwa rasa solidaritas toleransi beragama di Indonesia begitu sangat baik. “Jadi jangan heran jika Ketua perayaan paskah beragama non Kristen, itu pertanda persaudaraan dan toleransi beragama di Indonesia masih sangat baik”, ungkapnya.

Sebelumnya Danau Tondano Sulawesi Utara menjadi lokasi terakhir persinggahan Obor Paskah, karena sebelumnya perayaan paskah Nasional dirayakan di tempat ini.

(JuntakStar/Tim)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.