by

Dinas Pertanian Karo Salurkan Bantuan Traktor Kepada Kelompok Tani

Tanah Karo.Olnewsindonesia,Jum’at(27/04)

Bupati Karo Terkelin Brahmana,SH melalui Dinas Pertanian terus menyalurkan berbagai bantuan pada para Petani di wilayah Tanah Karo. Selain mendukung kedaulatan pangan, bantuan itu juga diserahkan guna mendorong produktivitas Petani menjadi lebih baik sehingga di berikanlah Alat Mesin Pertanian (Alsintan) berupa Traktor roda 4 sebanyak 3 unit bantuan dari Kementrian Pertanian RI TA.2018 ,”Ujar Rosta Perangin-angin SP Kepala Seksi Pupuk Pestisida dan Alsintan di belakang Kantor dinas Pertanian (27/4/2018) saat menyerahkan Alsintan kepada Kelompok Tani kec. Lau Baleng dan Kec.Merek Kab.Karo.

Rosta mengatakan Traktor ini sudah melalui tahap seleksi dan sesuai permohonan kelompok Tani yang diajukan sesuai persyaratan yang dilengkapi, kepada Kabid Prasarana dan Sarana Pertanian Ir.Sri Idah Bangun, MSi,” Beber Rosta.

Yang mana disampaikan nya, ”Tiga traktor tersebut nantinya bisa digunakan Petani untuk melaksanakan kegiatan Pertanian serta meningkatkan produktivitas. Tiga unit Traktor tersebut berjenis Merk Quick A 360 yang beroda empat, “Jelasnya.

Menurutnya lagi, penerima Traktor tersebut melalui UPJA (Unit Penerima Jasa Alsintan) melalui Kelompok Tani yang telah sesuai data dan petunjuk Kabid Sarana dan Prasarana (Ir. Sri Idah Br Bangun, Msi) yang berhak menerima bantuan tersebut Kelompok Tani UPJA Desa Mbal-Mbal Nodi, UPJA Maju Bersama Rambah Tampu, keduanya Poktan Kec.Laubaleng,dan satu lagi diterima UPJA/Poktan Juma Buluh Ajinembah Kec.Merek,” Tandasnya.

Sementara itu di hadapan Ketua UPJA Mbal-Mbal Nodi Preden Sembiring, Ketua UPJA Maju bersama Rahim Tarigan dan Ketua UPJA Juma Buluh Biston Tarigan, disinggung terkait penyaluran bantuan Traktor tersebut dari Kementan , ‘apa ada dipungut biayanya ,beliau langsung menjawab, ‘oh.., tidak ada, ini sama sekali biaya tidak ada dipungut biaya kepada kelompok Tani, karena ini bukan pinjam pakai, tapi sepenuhnya sudah tanggungjawab Kelompok Tani , baik pengelolannya dan kerusakan seterusnya sudah tanggungjawab Poktan yang menerima, “Ujar Rosta menambahkan.

Ditempat terpisah Bupati Karo Terkelin Brahmana,SH saat di minta keterangan nya soal adanya Program Dinas Pertanian tersebut ,menyatakan sangat mendukung apa yang diprogramkan oleh Dinas Pertanian, apalagi Pro-masyarakat Petani karena pasti membantu Kelompok Tani yang benar-benar mampu mengelolanyalah yang mendapatkan bantuan Traktor tersebut.”, ungkap nya disela sela Rapat bersama Dewan Pimpinan Pengurus Tertinggi Asosiasi Profesor Doktor Hukum Indonesia ( DPPT OPDHI) dan Para OPD dirumah Dinas Bupati Karo.

“Alat ini sangat baik melakukan pengolahan lahan. Makannya kita berharap nanti yang mendapatkannya bisa betul-betul memanfaatkannya. ” Kita upayakan berikan pada pihak yang representatif lahannya untuk menggunakan Traktor ini,” terang Terkelin Brahmana.

(David-olnewsindonesia.com

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.