by

Webinar 500 Tahun Prasasti Padrao Jakarta Akan Digelar Disbud DKI

Berita Jakarta, Berita Online Indonesia Di Online News Indonesia, www.olnewsindonesia.com

Dinas Kebudayaan (Disbud) DKI Jakarta akan menggelar webinar bertajuk ‘500 Tahun Prasasti Padrao Jakarta: Penanda Perjanjian Internasional Antara Portugis dan Kerajaan di Nusantara’, Kamis (25/8).

Webinar ini diikuti peserta didik, akademisi, praktisi dan masyarakat umum yang memiliki minat terhadap sejarah Indonesia, khususnya Jakarta.

Adapun narasumber pada webinar tersebut sejarawan dan budayawan Betawi, Ridwan Saidi, dan Ketua Program Studi Ilmu Sejarah Universitas Indonesia, Didik Pradjoko.

Kepala Disbud DKI Jakarta, Iwan Henry Wardhana mengatakan, webinar ini dilaksanakan dengan tujuan untuk memberikan edukasi sejarah kepada masyarakat, khususnya warga Jakarta. Sehingga generasi selanjutnya dapat mengetahui dan mengerti sejarah perkembangan kota Jakarta dari masa ke masa.

Iwan menjelaskan, nusantara merupakan ranah yang kaya akan kisah masa lalu. Terdapat berbagai peristiwa yang masih aktual dibicarakan sepert  mengenai hubungan kerja sama internasional antara kerajaan-kerajaan di Nusantara dengan bangsa Eropa.

Salah satunya perjanjian internasional antara Kerajaan Sunda (Pajajaran) dan Portugis dengan ditandai Batu Padrao, semacam ‘tugu peringatan’ perjanjian antara Surawisesa dan Henrique Leme pada tanggal 21 Agustus 1522.

“Batu Padrao ditancapkan pada rentang waktu yang sama dengan pembuatan perjanjian ini. Pada saat penacapan, daerah yang mengelilingi batu tersebut merupakan muara Sungai Ciliwung yang dijanjikan akan dibangun benteng oleh Portugis. Catatan Portugis juga menjelaskan bahwa wilayah ini pada masa itu bernama Sunda Kelapa,” ungkap Iwan, Rabu (24/8).

Menurut Iwan, manfaat webinar bagi penyelenggara diharapkan dapat mensosialisasikan kajian tapak sejarah Prasasti Padrao dan memperoleh masukan berharga, khususnya dalam perbendaharaan pustaka tentang Perjanjian Internasional antara Portugis dan Kerajaan di Nusantara.

Sedangkan bagi para peserta dapat menambah pengetahuan tentang sejarah perkembangan Kota Jakarta dari masa ke masa, khususnya perjanjian internasional antara Portugis dan Kerajaan di Nusantara.

“Webinar ini diharapkan dapat memperkaya perbendaharaan pustaka masyarakat tentang sejarah perkembangan Kota Jakarta dari masa ke masa, khususnya Perjanjian Internasional antara Portugis dan Kerajaan di Nusantara,” tandas Iwan.

210