Bupati Karo Akan Hidupkan SRG Untuk Mendorong Program TPID

Berita Karo.OLNewsindonesia,Kamis(25/07)

Bupati Karo Terkelin Brahmana SH didampingi Kabag Perekonomian Rismawati Br Ginting, Putri Mora Br Sitepu Kasubag Perkenomian menghadiri acara Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) terpusat.

Acara Rapat Koordinasi Nasional Pengendalian Inflasi tahun 2019 dibuka oleh Wakil Presiden RI Jusuf Kalla. Hal tersebut disampaikan Bupati Karo Terkelin Brahmana, Kamis (25/07) 2019 pukul 11. 00 WIB disela sela usai acara foto bersama Dra. Hj. Khofifah Indar Parawansa, M.Si Gubernur Jawa Timur.

Dalam sambutannya Wapres berpesan kepada seluruh kepala Daerah Se-Indonesia menyampaikan inflasi ringan penting dalam mendorong pertumbuhan ekonomi. Sebab inflasi mampu memberi semangat kepada para pengusaha untuk meningkatkan produksinya sehingga berdampak pada penciptaan lapangan pekerjaan.

Ket foto : Bupati Karo Terkelin Brahmana foto bersama gubernur Jawa Timur Dra. Hj. Khofifah Indar Parawansa, M.Si didampingi Kabag Perekonomian Rismawati, Kamis (25/07) 2019. disela sela kegiatan TPID.
Ket foto : Bupati Karo Terkelin Brahmana foto bersama gubernur Jawa Timur Dra. Hj. Khofifah Indar Parawansa, M.Si didampingi Kabag Perekonomian Rismawati, Kamis (25/07) 2019. disela sela kegiatan TPID.

Menanggapi pesan Wapres ini, Bupati Karo Terkelin Brahmana menyikapi Kab . Karo akan menghidupkan kembali kegiatan Sistem Resi Gudang (SRG) berupa penyimpanan jagung untuk menjaga keseimbangan antara kenaikan harga dengan pendapatan petani maupun kebutuhan konsumen, demi penguatan ekonomi yang In klasifikasi, “kata Terkelin Brahmana.

Kita tahu, SRG yang berada di Desa Simolap Kec. Tiga Binanga ini sudah lama tidak berfungsi, seingat saya sudah hampir 2 tahun tidak difungsikan sebagaimana mestinya oleh Dinas terkait Koperindag,tadi sudah kita ingatkan Kabag Perekonomian supaya menjadi fasilitator dan berkolaborasi dengan Koperindag kedepan,”kata Terkelin .

Kalau perlu, akhir bulan Juli 2019, kita usahakan sudah meninjau SRG ini, agar apa kendala dilapangan kita tahu dan secepatnya kita segera aktifkan kembali. Kita berharap menjaga keseimbangan itu dengan menjaga distribusi, produksi dan berarti kita menjaga kemakmuran masyarakat,” lanjutnya .

Sementara Kabag Perekonomian Kab . Karo Rismawati Br Tarigan saat mendampingi Bupati Karo dalam acara TPID, membenarkan jika SRG (Sistem Resi Gudang) jika dihidupkan di Desa Simolap Kec. Tiga Binanga adalah suatu potensi mendongkrak pengendalian inflasi, “ucapnya.

Menurut Rismawati, ini merupakan salah satu penilaian ke pusat jika pengelolaan SRG dihidupkan kembali, selain itu membantu masyarakat , sedangkan dana modal penyertaan sudah ada di koperasi sebesar 250 juta, tinggal secara tegulasi kita tata ulang,”katanya .

Disamping itu, Bank Indonesia (BI) otomatis akan berperan memberikan CAS (Controlled Atmosphere storage) seandainya SRG dihidupkan kembali, sebab mereka akan langsung memberikan dorongan untuk membantu segala kegiatan SRG /penyimpanan jagung,”terangnya .

Hal senada dikatakan Gubernur Jawa Timur Dra. Hj. Khofifah Indar Parawansa, M.Si saat bincang bincang menyampaikan bahwa menghidupkan Bumdes dan koperasi adalah tolak ukur untuk pengendalian Inflasi, apalagi ada yang dikelola koperasi tidak berfungsi,” ucapnya.

Saya lihat Pak Brahmana ini semakin keren saja, sama seperti dulu sewaktu saya berkunjung ke Karo semasa Menteri Sosial, tetap keren dan exsis,”puji Khofifah seraya tertawa.

(David)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *