Penyuluhan Pencegahan Kekerasan Digelar Kelurahan Pademangan Timur

BERITA, JAKARTA14 Views

Berita Jakarta, Berita Online Indonesia Di Online News Indonesia, www.olnewsindonesia.com

Kelurahan Pademangan Timur, Kecamatan Pademangan, Jakarta Utara menggelar penyuluhan tentang Pencegahan Kekerasan Seksual terhadap anak.

Kegiatan yang berlangsung di RPTRA Pattimura, Jalan Pademangan Timur VIII, bekerja sama dengan Komisi Nasional Perlindungan Anak (Komnas PA) DKI Jakarta.

Lurah Pademangan Timur, Abdul Rahman Hakim mengatakan, sebagian permukiman di wilayahnya merupakan kawasan padat penduduk. Selama ini, kawasan padat penduduk merupakan daerah yang potensial terjadi kekerasan fisik dan seksual terhadap anak.

“Materi yang disampaikan juga tentang pencegahan kekerasan terhadap ibu dan anak. Pengetahuan ini penting bagi kita semua,” ujarnya, Jumat (23/12).

Dikatakan Rahman, kegiatan penyuluhan melibatkan pemateri yakni, Ketua Komnas PA DKI Jakarta, Cornelia Agatha dan tokoh perlindungan anak Arist Merdeka Sirait. Sedangkan jumlah pesertanya mencapai 100 orang.

“Peserta dari unsur kader PKK, tokoh masyarakat dan pengurus RT/RW. Selain itu kita juga melakukan kegiatan sosial untuk 40 anak yatim,” katanya.

Ketua Komnas PA DKI Jakarta, Cornelia Agatha mengatakan, perlindungan anak dari kekerasan merupakan tanggung jawab bersama. Secara moral, seluruh masyarakat dimintanya turut berperan serta melindungi anak dari segala dari bentuk kekerasan.

“Bila ada kejadian tolong laporkan. Kami siap melakukan pendampingan dan advokasi korban,” tandasnya.

210