by

Terkelin Beri Edukasi Cuci Tangan Antisipasi Covid-19 Di Halaman Kantor Bupati Karo

Berita Karo.OLNewsIndonesia,Senin(23/03)

Bupati Karo Terkelin Brahmana, SH, MH, didampingi Kasat Pol PP Hendrik Philemon Tarigan, Kabag Umum Hotman Brahmana, menyediakan tempat dan sabun untuk melakukan cuci tangan dalam antisipasi penyebaran virus corona, Senin (23/03)2020 pukul 09.30 WIB di pintu gerbang masuk halaman kantor Bupati Kabanjahe.

Menurut Terkelin, sebelum masuk kekantor Bupati akan terlihat tulisan himbauan bagi setiap orang yang lewat, namun diutamakan bagi pejalan kaki, agar singgah dulu ditempat yang telah disediakan untuk mencuci tangan sebelum melanjutkan perjalanan kedalam ruangan kantor Bupati atau ke kantor OPD lainnya. Iya, tadi kita sudah arahkan buatkan SOP (standar operasional prosedur) agar anggota Satpol PP selalu antisipasi setiap orang yang masuk, agar disapa, dan diarahkan secara sopan berikan edukasi pentingnya cuci tangan, guna menghindari penyebaran virus Corona (Covid-19), “jelas Terkelin.

Ket foto : Mengantisipasi virus Corona Bupati Karo Terkelin Brahmana SH, MH sebelum memasuki ruangan kerja melakukan cuci tangan, untuk mengedukasi setiap orang masuk kedalam kantor Bupati,Senin (23/03) 2020 (Ist)
Ket foto : Mengantisipasi virus Corona Bupati Karo Terkelin Brahmana SH, MH sebelum memasuki ruangan kerja melakukan cuci tangan, untuk mengedukasi setiap orang masuk kedalam kantor Bupati,Senin (23/03) 2020 (Ist)

Justru itu, Terkelin mengatakan saat dirinya memasuki halaman kantor Bupati bersama staf yang lain, ia memberikan contoh dan mengajak masyarakat dan pegawai lainnya untuk antri bersama yang lain, dan memperagakan cara mencuci tangan yang benar.Dalam memperagakan, Terkelin mengajak dan mengedukasi untuk menyanyikan dua baris lirik lagu “Tanah Karo Simalem ” dan tidak terasa cuci tangan selesai, disamping itu cuci tangan ini sangat bermanfaat karena kebersihan adalah pangkal kesehatan, “katanya.

Untuk itu, aktifkan budaya tegur sapa dan budaya antri menjaga ketertiban, jangan nanti hanya sebatas cuci tangan, ujungnya berebut padahal tujuan sama, menjaga kesehatan dan memutus mata rantai virus Corona Disease (Covid-19),” terang Terkelin.

Salah satu warga Kabanjahe, Andi (30) yang sedang melintas hendak mengurus surat ke kantor Bupati , ikut berhenti sejenak dan antri untuk mencuci tangan, guna menekan penyebaran virus Corona Disease (Covid-19) yang diedukasi oleh Bupati Karo tadi. Sikap edukasi Bupati ini cukup luar biasa sebagai ada kepedulian untuk Bumi Turang ini. Sebenarnya jujur, saya tadi kurang kenal dengan Bupati tapi dengan sikapnya yang ramah, menunjukkan pemimpin yang dekat dengan masyarakat,”ucapnya.

Sementara itu, Ketua DPRD Karo Iriani Br Tarigan, mengatakan sangat mengapresiasi tindakan yang dibuat oleh Pemkab Karo dalam hal mengajak dan mengedukasi setiap orang yang hendak ke kantor Bupati. Pun begitu, Iriani mengaku dalam action ini dia juga harus melakukan cuci tangan sebelum keruangan Bupati Karo , dengan tujuan memberikan contoh teladan bagi yang lainnya, bahwa dalam antisipasi penyebaran virus Corona , kita harus bersinergi tanpa memandang, suku, ras , Jabatan ,Pangkat dan Pekerjaan, “ucapnya.

Iriani menilai, action ini sungguh baik dan bermanfaat dan action ini wajib setiap OPD lainnya mengikuti dan menerapkan kebijakan yang telah dibuat oleh Bupati,tentunya harus ada kepedulian dan perhatian dalam mengantisipasi penyebaran virus Corona, “pungkas Ketua DPRD Karo tersebut.

(David)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.