by

Anggota DPRD Karo Himbau ASN Untuk Menjaga Netralitas Dalam Pilkada Karo 2020

Berita Karo.OLNewsindonesia,Rabu(23/09)

Dody Sinuhaji,Anggota Dewan Kabupaten Karo dari Fraksi PDI Perjuangan mengingatkan para ASN di lingkungan Pemkab Karo untuk menjaga netralitas dalam Pilkada Serentak 2020 yang akan digelar dikarenakan independensi Abdi Negara kerap tergerus saat kontestasi politik berlangsung

” Netralitas ASN dalam Pilkada 2020 ini perlu diberikan perhatian khusus, mengingat sudah adanya indikasi dan laporan masyarakat atas dugaan keterlibatan yang dilakukan oknum oknum ASN untuk mendukung salah satu Paslon kepada kami, “Ungkap Politisi PDI Perjuangan ini Selasa (22/09) 2020 sore di Kabanjahe.

Menurutnya, ASN harus berkomitmen untuk tidak terlibat dalam politisasi Pilkada dan tetap bersikap netral. Sebab posisi ASN sudah sangat jelas diatur dalam Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2017 tentang ASN .Netralitas ASN menjadi penting karena semakin banyaknya pejabat negara mulai dari Presiden , Menteri , Gubernur , Bupati , Walikota, yang berasal dari partai politik.

Kondisi ini akan membawa implikasi serius terhadap netralitas birokrat.”ASN dituntut bertindak profesional antara menjaga netralitas dalam memberikan pelayanan sekaligus tetap menjunjung loyalitas terhadap atasan, meskipun beda warna politiknya. Sehingga ASN tidak mudah terbawa arus pusaran politik oleh kepentingan politik atasannya,” paparnya.

Penerapan SKB lima lembaga yang baru ditandatangani perlu dilakukan secara sungguh-sungguh. Kerja sama setiap pihak yang bertugas mengawasi, mengevaluasi hingga menindak setiap kasus yang ada menjadi cerminan penegakan hukum di Indonesia.

Lanjutnya lagi, “sosialiasi harus terus dilaksanakan kepada para ASN untuk tidak mau dipolitisasi dan di intervensi atasannya. Keterlibatan masyarakat juga sangat di harapkan untuk ikut serta mengawasi dan melaporkan ASN yang terlibat dalam kegiatan politik dan melaporkan kepada pihak yang berwenang agar mendapat sanksi sesuai aturan yang berlaku,” ucapnya.

Politisi Partai PDIP ini juga menegaskan, dengan menjaga kenetralan, kejujuran dan keadilan dalam penyelenggaraan Pilkada serentak akan melahirkan kepala daerah yang berkualitas, berintegritas tinggi dan berkualitas. Sehingga kepala daerah tersebut kelak dapat membangun daerahnya menjadi lebih maju, dan masyarakat yang lebih sejahtera, “tegasnya.

(David

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed