by

Kapoldasu Ingatkan Pesan Nabi, ‘Meski Besok Mati, Tetaplah Menanam Pohon’

Berita Medan, OLNewsindonesia.Senin (23/09)

Kepala Polisi Daerah Sumatera Utara (Kapoldasu), Irjen Pol Drs. Agus Andrianto, S.IK, M.H mengingatkan pesan para nabi kepada masyarakat, khusunya di jajaran Kepolisian Daerah Sumatera Utara (Poldasu).

Ketersediaan pangan merupakan kebutuhan dasar manusia, begitu juga pentingnya udara yang sejuk dan bebas polusi bagi kesehatan. Demikianlah gambaran pentingnya menanam tumbuhan, baik untuk keperluan pangan atau keberlanjutan ekosistem alam yang hijau.

‘Meski Besok Mati, Tetaplah Menanam Pohon’. Pesan ini merupakan nasehat para nabi yang tertuang dalam hadis (HR. Bukhari & Ahmad). Maka dari itu, Rassullulah berpesan agar umatnya gemar menanam pohon, sekalipun ia tahu esok akan mati.

إن قَامَتِ السَّاعَةُ وَفِي يَدِ أَحَدِكُمْ فَسِيلَةٌ فَإِنِ اسْتَطَاعَ أَنْ لَا تَقُومَ حَتَّى يَغْرِسَهَا فَلْيَغْرِسْهَا

Artinya: “Jika terjadi hari kiamat sementara di tangan salah seorang dari kalian ada sebuah tunas, maka jika ia mampu sebelum terjadi hari kiamat untuk menanamnya maka tanamlah.” (HR. Bukhari&Ahmad)

Dari pesan para nabi tersebut menunjukkan bahwa, sesungguhnya Islam mengajarkan kepada umatnya agar menjaga dan merawat bumi. Sebab hal tersebut akan menjadi pahala yang mengalir baginya setelah meninggal.

Jika tahu akan manfaat yang akan diberikan setiap tanaman, maka jangan berhenti untuk menanamnya. Sekalipun mengetahui akan kiamat esok hari, tetap disunnahkan menanam. Sebab meski tidak untuk dirinya, tanaman tersebut akan bermanfaat bagi orang lain atau generasi setelahnya, Kata Kapoldasu, Irjen Pol Drs. Agus Andrianto, S.I.K, M.H.

(JuntakStar)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed