Dinas Pertanian Samosir Targetkan Alpukat Jadi Komoditas Unggulan Di Tahun 2018

Samosir,Olnewsindonesia,Selasa (23/01)

Tahun 2017 lalu, Dinas Pertanian Kabupaten Samosir telah membagikan sebanyak 20.000 batang bibit alpukat kepada ratusan kelompok tani(poktan). Yang diharapkan bibit alpukat itu menjadi salah satu komoditas unggulan di Samosir.

Demikian disampaikan Kepala Bidang Tanaman Pangan dan Holtikultura, Saut Manik kepada OLNewsindonesia, melalui telefon seluler, Selasa (23/1).

Dikatakannya, anggaran yang dikucurkan untuk pengadaan 20.000 batang bibit alpukat tersebut sebesar Rp. 200 juta di APBD 2017. Dan berdasarkan hasil laporan kelompok tani, bibit alpukat yang telah dibagikan itu sudah ditanam.

“Sesuai laporan, bibit alpukat tersebut sudah ditanam. Oleh karena itu, kita harapkan bibit alpukat itu menjadi salah satu komoditas unggulan Samosir ditahun 2018. Yang telah dibagikan kepada 100 kelompok tani,”ujarnya.

Foto: Saut Manik, Kepala Bidang (Kabid) Tanaman dan Holtikultura, Dinas Pertanian Kabupaten Samosir
Foto: Saut Manik, Kepala Bidang (Kabid) Tanaman dan Holtikultura, Dinas Pertanian Kabupaten Samosir

Menurutnya, bahwa kondisi alam Samosir sangat mendukung untuk pertanaman alpukat seiring rasa alpukat Samosir jauh lebih enak. “Rasa alpukat Samosir sangat berbeda, dan sangat diminati pasar. Sehingga hal itu menjadi alasan kita agar alpukat dikembangkan, sesuai visi dan misi Pemkab Samosir berbasis kepada pariwisata dan pertanian,”pungkasnya

Dia melanjutkan, pihaknya akan tetap melakukan monitoring ke lapangan terhadap penanaman bibit alpukat itu. “Sesuai arahan Kepala Dinas, saat ini kita sedang monitoring ke lapangan agar bibit yang sudah diterima masyarakat(poktan), benar-benar sudah ditanam dan dirawat,”terangnya.

Ditambahkannya, selain alpukat, dalam waktu dekat kita juga akan mengajukan beberapa tanaman perkebunan seperti, bawang merah dan mangga agar dibuat peraturan Bupati (Perbup). Namun sejauh ini, dari 9 kecamatan di Samosir, hanya kecamatan Simanindo, Pangururan, dan Kecamatan Sianjur Mula-mula yang sangat baik untuk pertanaman alpukat.

(JuntakStar)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *