by

Karhutla Landa Sumsel-Riau, Kabut Asap Muncul di Pangururan Samosir

Berita Samosir, OLNewsindonesia,Minggu (22/09)

Kebakaran hutan dan lahan (karhutla) melanda sejumlah provinsi di Pulau Sumatera, dari Sumatera Selatan (Sumsel), Jambi dan Riau, sehingga menimbulkan kabut asap di wilayah Kabupaten Samosir, Sumatera Utara, kabut asap terlihat jelasi di wilayah kecamatan Pangururan, Minggu (22/09/2019).

Salah seorang warga Pangururan, Poltak Naibaho mengatakan kabut asap mulai muncul beberapa minggu belakangan di Pangururan, namun pada Minggu (22/9/2019) pagi. Kabut asap sangat terlihat jelas hingga menutupi bukit bukit pegunungan di sekitar Danau Toba, termasuk juga pegunungan Pusuk Buhit.

“Tadi pagi kabut asap mulai terlihat jelas, dan hampir merata di wilayah Pangururan, Samosir, semua lereng lereng perbukitan sudah tidak terlihat lagi, sudah ditutup kabut asap,” ucap Poltak.

Terpisah, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Samosir, dr.Nimpan Karo Karo saat di hubungi OLNewsindonesia.com melalui telefon seluler, Minggu (22/9) mengatakan agar masyarakat untuk banyak mengkonsumsi air mineral.

” Diharap kepada masyarakat untuk lebih banyak mengkonsumsi air mineral (air putih), kurangi keluar rumah yang tidak perlu, dan jika pun keluar rumah pakai lah masker, agar tidak terjangkit penyakit ISPA (Inpeksi Saluran Pernapasan) yang dapat memengaruhi hidung, tenggorokan, dan saluran udara”, pinta dr.Nimpan.

Walupun kabut asap sangat jelas terlihat, namun langit masih cerah dan tidak terlihat mendung. Hingga saat ini, belum ada pembagian masker oleh pemkab Samosir terkait munculnya kabut asap di Pangururan, Samosir.

(JuntakStar)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.