by

Tri Suswati Karnavian : Sambut HUT Kemerdekaan RI Ke-73, Akan Buat Rekor MURI Penyelaman Massal Wanita Di Manado

Berita Sulut OLNewsindonesia, Minggu (22/7)

Manado beberapa minggu kedepan tepatnya tanggal 11 agustus 2018 terpilih menjadi tempat penyelenggaraan kegiatan spektakuler yang akan menjadi rekor MURI yaitu rekor menyelam massal wanita dan pembentangan bendera merah putih terpanjang di Indonesia di dalam laut. Penggagas kegiatan ini adalah Wanita Selam Indonesia (WASI) yang diketuai oleh Ibu Tri Suswati Karnavian, istri Kapolri Jenderal Pol. Tito Karnavian Ph.D.

Ibu Tri Suswati Karnavian di hadapan Pers
Ibu Tri Suswati Karnavian di hadapan Pers

Dalam rangka event tersebut, WASI bersama panitia kegiatan yang diketuai juga oleh Ibu Tri Suswati Karnavian langsung mengadakan Press Conference pada sabtu siang (21/7) di Wahaha Restaurant Manado.

Sesi Foto Bersama Seluruh Panitia
Sesi Foto Bersama Seluruh Panitia

Menurut Ibu Tri, tujuan pelaksanaan kegiatan istimewa ini adalah dalam rangka menyambut kemerdekaan RI ke-73, serta memperkenalkan pariwisata bawah laut Indonesia juga menjaga lingkungan hidup khususnya di bawah laut dan memasyarakatkan olahraga selam di kalangan perempuan dan masyarakat umum. Termasuk juga membangun interaksi yang harmonis diantara kaum perempuan Indonesia dan mendukung pemerintah Indonesia dalam menjaga bangsa yang Bhineka Tunggal Ika.

Masih menurut beliau saat Press Conference yang juga didampingi Wakil Ketua I Bid. Penyelenggaraan Ibu Luly Rudy Sufahriadi dan Wakil Ketua II Bid. Recruitment Ibu Ruthie Bambang Waskito, istri Kapolda Sulut Irjen. Pol. Drs. Bambang Waskito, bahwa hingga saat pertemuan ini sudah terdaftar lebih dari 900 wanita yang siap dalam kegiatan penyelaman, yang terdiri dari kalangan profesional, organisasi wanita, komunitas selam, perorangan dari seluruh Indonesia dan juga orang asing.

Untuk itu peserta harus memenuhi syarat yang ditentukan panitia, diantaranya sehat jasmani dan rohani. Kemudian berlisensi selam minimal Open Water. Bagi yang dibawah 17 tahun dapat persetujuan orang tua dengan menandatangani Liability Released Form. Peserta telah melakukan refresh dive minimal sebulan sebelum pelaksanaan.

Ibu Tri juga mengatakan menyiapkan Safety Divers minimal bersertifikat Rescue Divers, untuk mengawasi peserta dan mengamankan jalannya acara, serta didukung oleh Tim Medis dan SAR yang berpengalaman untuk memastikan acara berjalan sesuai harapan dengan zero accident.

Masuk juga dalam kepanitiaan dalam kegiatan ini Menko Kemaritiman RI Luhut Binsar Panjaitan dan Kapolri Jend.Pol. Tito Karnavian , Ph.D dimana keduanya sebagai Penasehat Utama.

Sebagai Pelindung adalah Gubernur Sulut Olly Dondokambey, SE dan Kapolda Sulut Irjen.Pol. Drs. Bambang Waskito.

Untuk Penanggung Jawab yaitu Ketua Umum POSSI Mayjen TNI (Purn) Buyung Lalana, SE dan Kapolda Bali Irjen.Pol. DR. Petrus Golose. Sedangkan untuk Pengawas adalah Ketua POSSI  Sulut Gregorius Tonny Rawung, SE.

Online News Indonesia yang meliput langsung Press Conference melihat betapa serius panitia mempersiapkan kegiatan ini dan mengharapkan disaksikan seluruh masyarakat Sulut juga wisatawan domestik maupun asing karena lokasinya sangat strategis yaitu di kawasan mega mas pantai manado. Panitia juga menyediakan panggung hiburan bagi pengunjung dengan menghadirkan artis ibukota.

Harapan Ibu Tri semakin banyak wanita Indonesia yang mencintai olahraga selam, “dengan mau belajar dan menyukai selam maka akan mengagumi keindahan alam bawah laut serta berusaha menjaga melesatarikan keberadaan alam bawah laut tersebut,” kata pamungkas Ibu Tri dengan sangat ramah.

AWK

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed