by

KPU Samosir Adakan Pagelaran Seni Budaya Batak Dalam Rangka Menyongsong Pemilu Serantak 2019

Pangururan.Olnewsindonesia,Sabtu(21/04)

Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Samosir, mengadakan pagelaran Seni Budaya, dalam rangka satu tahun menyongsong pemilihan serentak pada tahun 2019, ditanah lapang Onan Lama Pangururan, Samosir Sumatera Utara, Sabtu (21/04).

Ketua Panitia Pelaksana, Drs.Pahala Sinaga dalam sambutannya menyampaikan, berdasarkan surat edaran KPU RI No.115/PP.08-SD/06/KPU/II/2018, KPU kabupaten Samosir, melaksanakan pagelaran Seni Budaya menyongsong satu tahun pemilu serentak tahun 2019, dengan tema ” Fhasion Show dengan berpakaian Busana Batak Tradisional berpasangan “Ucok dan Butet”.

Foto : Sekretaris Daerah Kabupaten Samosir, Drs.Jabiat Sagala M.Hum, menyampaikan sambutannya di pagelaran Seni Budaya oleh KPU Samosir, Sabtu (21/04)
Foto : Sekretaris Daerah Kabupaten Samosir, Drs.Jabiat Sagala M.Hum, menyampaikan sambutannya di pagelaran Seni Budaya oleh KPU Samosir, Sabtu (21/04)

“Kegiatan pagelaran Seni Budaya ini adalah merupakan bagian dari pendidikan politik dan sosialisasi, berupa penyampaian informasi terkait kepemiluan guna meningkatkan pengetahuan, pemahaman dan wawasan pemilih, khususnya pemilih pemula dalam penyelenggaraan pemilu 2019”, ungkap Pahala.

Dijelaskannya, bahwa tujuan pagelaran Seni Budaya oleh KPU secara serentak di seluruh indonesia adalah, meningkatkan pemahaman kesadaran berpolitik terhadap pemilih pemula dalam menggunakan hak pilitiknya secara sadar dan rasional, sekaligus mengingatkan tentang pentingnya pemilu sebagai komponen penting dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, sebagai upaya meningkatkan partisipasi dan kualitas pemilih pemula dalam pemilu 2019.

Ditambahkannya, pagelaran Seni Budaya ini diharapkan kedepannya, seluruh undangan dan peserta kegiatan sebagai bahagian dari agen sosialisasi dengan mensosialisasikan hal hal terkait pelaksanaan pemilu tahun 2019 dilingkungan sekitarnya, guna terciptanya pemilih cerdas dan Pemilu yang berkualitas.

Foto : Salah satu pasangan Ucok dan Butet, peserta Fashion Show, di pagelaran Seni Budaya busana batak tradisional, melakukan orasi untuk tentang pilgubsu 2018 dan pemilu 2019
Foto : Salah satu pasangan Ucok dan Butet, peserta Fashion Show, di pagelaran Seni Budaya busana batak tradisional, melakukan orasi untuk tentang pilgubsu 2018 dan pemilu 2019

Bupati Samosir, yang diwakili Sekretaris Daerah, Drs.Jabiat Sagala M.Hum menyampaikan, sangat mendukung kegiatan pagelaran Seni Budaya oleh KPU.

“Mari kita bina kebersamaan dalam membangun bangsa ini, walau ada perbedaan dalam sudut pandang, namun kita tetap satu dalam bingkai Pancasila”, ujar Jabiat.

Lanjutnya, Bapak Bupati hari ini tidak dapat hadir, dikarenakan beliau lagi tugas di luar kota, dan begitu juga dengan pak wakil Bupati, beliau lagi mengikuti acara pengukuhan salah satu ormas kepemudaan, dan beliau menyampaikan salam hangat kepada kita semua yang hadir disini, terangnya.

“Semoga kegiatan ini berlangsung dengan lancar dan sukses, dan kelak akan menghasilkan pemilu yang berkualitas dan bermartabat, serta pemilu yang jujur, adil dan bebas rahasia”, harapnya.

Dalam sambutanya, Ketua KPU Samosir, Suhadi Situmorang SH MH menyampaikan bahwa, pagelaran Seni Budaya ini dilaksanakan secara serentak di 548 kabupaten/kota, di 34 Provinsi diseluruh Indonesia

Dijelaskannya, bahwa hanya kabupaten Samosir lah yang mengadakan pagelaran seni budaya dengan mengadakan perlombaan Fhasion Show berpakaian Busana Batak Tradisional, dikarenakan Budaya bisa sejalan dengan politik, dan begitu juga sebaliknya, serta mengangkat budaya batak kepermukaan agar tidak terjadi erosi budaya batak di zaman sekarang ini.

“Kami berharap kepada adek adek peserta dan Seluruh kita yang hadir disini, agar menjadi corong di pemilu 2019, dan KPU Samosir menargetkan 77, 70 persen dalam partisipatif masyarakat untuk datang ke TPS, dan gunakan hak konstitusi kita dan jangan golput”, harapnya.

Foto : foto bersama Komisioner KPU ( Berjaket merah) dengan sekda dan perwakilan FKPD Kab.Samosir di pagelaran Seni Budaya KPU Samosir, Sabtu (21/04)
Foto : foto bersama Komisioner KPU ( Berjaket merah) dengan sekda dan perwakilan FKPD Kab.Samosir di pagelaran Seni Budaya KPU Samosir, Sabtu (21/04)

Tampak semua parta peserta pemilu 2019, Melakukan Fashion Show, dengan memperkenalkan partai nya masing masing seperti Partai PKB, Gerindra, PDIP, Golkar, Nasdem, Garuda, Berkarya, PKS,, Perindo, PPP, PSI, PAN, Hanura, Demokrat, PBB, PKPI didepan para peserta dan undangan yang hadir.

Pagelaran Seni Budaya menyongsong satu tahun pemilu serentak tahun 2019, dengan tema ” Fhasion Show dengan berpakaian Busana Batak Tradisional berpasangan “Ucok dan Butet”, diikuti 29 peserta dari sembilan kecamatan sekabupaten Samosir.

(JunrakStar)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.