by

Wabup Samosir Hadir Di Pembukaan Festival Naskah Nusantara V Di Humbahas

Berita Samosir, OLNewaindonesia,Selasa (20/08)

Wakil Bupati Samosir Ir. Juang Sinaga ikut serta dalam pembukaan Festival Naskah Nusantara ke-5 Geosite di Sipinsur Kabupaten Humbahas, Senin (19/8).

Deputi Bidang Pengembangan Bahan Pustaka dan Jasa Informasi Perpustakaan Nasional RI Ofi Sofiana, M.Hum bersama Kepala Pusat Jasa Perpustakaan dan Informasi Perpustakaan Nasional RI Drs. Teguh Purwanto, M.Si secara resmi membuka Festival Naskah Nusantara ke-5 Geosite di Sipinsur Kabupaten Humbahas.

Festival dengan thema “Dunia Batak, Lintas Sejarah dan Silang Budaya” ini akan berlangsung mulai tanggal 19 Agustus 2019 hingga 23 Agustus 2019 mendatang.

Acara tersebut turut dihadiri Bupati Humbahas Dosmar Banjarnahor dan Wakil Bupati Samosir Ir. Juang Sinaga.

Informasi yang dihimpun OLNewsindonesi.com, Festival Naskah Nusantara ke-5 ini bertujuan sebagai bentuk tanggungjawab Perpustakaan Nasional RI dalam rangka pengelolaan dan promosi koleksi naskah yang tersimpan di perpustakaan nasional RI sebagai ingatan kolektif bangsa, untuk melestarikan naskah sebagai khasanah budaya bangsa dalam berbagai kegiatan yang melibatkan partisipasi masyarakat luas sehingga diharapkan dapat terus tumbuh dan berkembang kearifan lokal nusantara.

Festival Naskah Nusantara V akan diisi berbagai kegiatan, diantaranya, Pentas Seni Pameran UKM dan Workshop menulis dan membaca aksara nusantara.

Workshop menulis dan membaca aksara nusantara tersebut diantaranya adalah aksara Batak, aksara Bali-Jawa, aksara Sunda, aksara Bugis, aksara Bugis, tenun tradisional ulos, sortali, ukir gorga, pembuatan kertas daluang, wayang beber.

Kemudian Seminar Internasional Pernaskahan dan perlombaan menulis dan membaca aksara batak, Story Telling serta pelestarian naskah batak.

(JuntakStar)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.