Sariati Terkelin Brahmana : Peranan Wanita Dalam Keluarga Dan Pekerjaan

Tanah Karo.Olnewsindonesia,Minggu(20/05)

Peranan Wanita ataupun kaum Ibu dalam Keluarga dan di tengah tengah Masyarakat terlebih-lebih dalam konteks pembangunan Nasional dan Daerah, dari waktu ke waktu dibutuhkan dan memiliki arti strategis seiring dengan prinsip dan keadilan Gender. Dimana Peranan wanita semakin meningkat tidak hanya tanggung jawab dalam mengurus anak dan keluarga,”! hal ini diungkapkan Ny.Sariati Terkelin Brahmana , selaku Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga PKK Kabupaten Karo dalam acara Seminar di Aula Kantor Bupati Sabtu (19/5/2018) , Jalan Jamin Ginting No. 17 Kab.Karo.

Yang mana Acara seminar ini bertajuk ” Seminar Sehari Menata Kepribadian Serta Penampilan Kaum Wanita Dalam Keluarga Dan Pekerjaan”.

Kegiatan ini, sebut Ny. Terkelin Brahmana sangat bernilai dan positif atas terselenggaranya Seminar ini, mengingat tanggung jawab Wanita dihadapkan dengan berbagai masalah, berbagai ragam tantangan , berbagai bentuk persoalan , bahkan masalah kaum Pria pun sudah menjadi bagian paling penting untuk kaum Wanita.

“Dan lagi lagi masalah Ekonomi keluarga, persaingan untuk mendapatkan penghidupan yang lebih baik dan tuntutan emansipasi, memaksakan Wanita untuk terjun ke dunia pekerjaan sebagai Wanita Karir . Namun sebaliknya , ketidaksetaraan Gender akan menyebabkan beban ganda bagi kaum Wanita, khususnya dalam konteks Budaya Karo, di mana Wanita berperan dalam mengerjakan pekerjaan rumah tangga dan mengurus keluarga serta beban Wanita dalam mencukupi nafkah keluarga,”Tuturnya.

” Tentu Hal ini dapat menyebabkan Wanita tidak memiliki waktu atau tidak mempunyai kesempatan untuk memperhatikan dirinya sendiri, penampilannya bahkan kepribadiannya sehingga kodratnya sebagai makhluk cantik menarik dan lemah lembut sering terabaikan,” Ujarnya.

Ket foto : Peserta Wanita Karo, Cabang Kabupaten Karo Di abadikan di sela sela kegiatan seminar, Sabtu  (19/05).
Ket foto : Peserta Wanita Karo, Cabang Kabupaten Karo Di abadikan di sela sela kegiatan seminar, Sabtu (19/05).

“Nah Pada kesempatan ini saya menekankan pentingnya kepribadian dan penampilan bagi seorang Wanita. Kalau dapat kita artikan kepribadian itu adalah ciri-ciri dan sifat-sifat khas yang mewakili sikap atau tabiat seseorang, yang mencakup pola-pola pemikiran dan perasaan, konsep diri, Perangai , dan mentalitas yang membedakannya dari orang lain,” Tandasnya.

Sedangkan penampilan adalah bentuk citra diri yang terpancar dari diri seseorang.” Enak dan menariknya dipandang mata ,tentunya Wanita yang bekerja maupun ibu rumah tangga haruslah tetap dapat memperhatikan penampilannya dan kepribadiannya baik di rumah ataupun di tempat kerja. Tetapi sebaiknya harus berdasarkan pada sendi-sendi warisan Budaya dan kepribadian Wanita Karo.

Lanjutnya lagi, Berpenampilan menarik tidak mesti meninggalkan Budaya atau identitas atau Karakter Wanita Karo itu sendiri . Dimana cara berpakaian cara merias diri tutur kata, Tata krama dan Etika. Keramahtamahan serta perilaku telah tercermin dari warisan budaya Karo. Masyarakat Karo terkenal dengan masyarakat yang berbudaya serta Adat istiadat melekat kuat hingga sekarang. Saya berharap melalui Seminar ini akan menghasilkan suatu kepribadian dan penampilan Wanita Karo yang modern tetapi dibalut karakter dan ciri khas Budaya Karo,” Sebutnya.

Turut Hadir dalam acara Seminar tersebut Ibu Wakil Bupati Karo Cory Seriwaty Br Sebayang, Ketua Persatuan Wanita Karo (PWK) cabang Kab.Karo, Kadis Perindag Almina Bangun, SH, Ibu Camat, Se-Kab.Karo , Ny.Lenny Thomas Joverson Ginting Anggota DPRD Karo, Ny.Magdalena Sedarta Bukit Staf Ahli Bupati Karo, serta para undangan lainnya.

(David-olnewsindonesia.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *