by

Pemprov DKI Jakarta Juara Umum Kompetisi Kinerja Kehumasan 2023

Berita Jakarta, Berita Online Indonesia Di Online News Indonesia, www.olnewsindonesia.com

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melalui Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP), meraih Platinum Award atau Juara Umum kategori Pemerintah Provinsi di ajang Public Relations Indonesia Awards (PRIA) 2023 yang diselenggarakan di Denpasar, Bali.

Penghargaan yang diraih ini be rdasarkan hasil seleksi dan penilaian yang komprehensif
Pemprov DKI Jakarta tampil menjadi juara umum setelah berhasil menyabet delapan penghargaan sekaligus.

Kepala DPMPTSP Provinsi DKI Jakarta, Benni Aguscandra mengatakan, tahun ini DKI Jakarta kembali mengukir prestasi dengan mempertahankan penghargaan di sejumlah kategori.

“Alhamdulillah, DKI Jakarta kembali mengukir prestasi dalam Public Relations Indonesia Awards. DPMPTSP tidak pernah absen mendapatkan penghargaan di sejumlah kategori, dan tahun 2023 ini berhasil meraih Platinum Award,” katanya, melalui keterangan tertulis, Sabtu (18/3).

Menurut Benni, berbagai penghargaan yang diraih ini membuktikan konsistensi membangun komunikasi yang strategis, efektif dan berkelanjutan, dalam menyampaikan berbagai informasi, program, kebijakan, serta capaian kinerja pemerintah kepada masyarakat.

Capaian tersebut, ungkap Benni, tidak terlepas dari arahan dan komitmen Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono, yang senantiasa menjadikan komunikasi sebagai kunci bagi Pemprov DKI Jakarta dalam memelihara serta meningkatkan kepercayaan publik.

“Program komunikasi masyarakat terpadu dan terintegrasi melalui pendekatan kehumasan menjadi sangat penting untuk dilakukan, yakni sebagai ‘jembatan’ antara instansi dengan publik,” jelasnya.

Dia juga menyampaikan apresiasi kepada seluruh jajaran DPMPTSP Provinsi DKI Jakarta, yang selama ini terus membangun komunikasi yang baik serta efektif dalam memberikan pelayanan publik yang prima kepada masyarakat.

“Capaian ini menjadi motivasi bagi seluruh jajaran DPMPTSP Provinsi DKI Jakarta untuk terus meningkatkan kualitas pelayanan di 316 service point yang tersebar di kantor kelurahan, kecamatan, kota serta kabupaten dan Mal Pelayanan Publik Provinsi DKI Jakarta,” ujarnya.

Kepala Bidang Penyuluhan dan Pengaduan DPMPTSP Provinsi DKI Jakarta, Sri Ratu Mulyanti menjelaskan, total ada delapan penghargaan yang diraih DPMPTSP Provinsi DKI Jakarta di ajang ini.

“Penghargaan yang kami raih ini berdasarkan hasil seleksi dan penilaian yang komprehensif,” tegasnya.

Makin Kompetitif

Founder dan CEO PR INDONESIA sekaligus Ketua Komisi Pemberdayaan dan Organisasi Dewan Pers, Asmono Wikan mengungkapkan, The 8th Public Relations Indonesia Awards (PRIA) 2023 terasa semakin sengit jika dibandingkan tahun sebelumnya.

Dia mengungkakan, pada tahun ini total ada 836 entri dari 236 institusi baik Kementerian/Lembaga, Pemerintah Daerah, BUMN, Anak Usaha BUMN, BUMD, Anak Usaha BUMD, Korporasi/Perusahaan Swasta maupun Perguruan Tinggi, yang masuk ke meja panitia.

“Jumlah peserta kompetisi PRIA yang selalu meningkat setiap tahun, menunjukkan antusiasme praktisi PR lintas sektor untuk terus-menerus merawat kerja-kerja komunikasi tidak pernah pudar,” paparnya.

Secara umum, Asmono yang turut menjuri untuk Program PR dan Departemen PR ini juga melihat cukup banyak perubahan signifikan pada tahun imi, terutama dari peserta kategori Program PR.

Peserta mulai meninggalkan pengukuran berbasis advertising value equivalency (AVE) dan beralih menggunakan pengukuran berbasis AMEC.

“Upaya ini patut kami hargai. Sebab, hal ini membuktikan PR sudah melangkah lebih jauh,” tambahnya.

Tahun ini, ia juga menemukan wajah-wajah baru yang membuat latar belakang peserta menjadi semakin berwarna dan karya PR menjadi lebih beragam.

Sementara pada kategori Departemen PR, ia menilai positioning PR lebih strategis dibandingkan tahun-tahun sebelumnya.

Pada tahun ini, Ia menilai PR tampak berperan dalam advokasi kepada pemimpin terkait aspek komunikasi dan kepiaran. Menurutnya, kondisi ini merupakan kebanggaan atau prestasi yang patut disyukuri bersama.

“Saat ini hampir tidak ada institusi yang tidak menanggap PR sebagai fungsi strategis,” tandasnya.

Sebagai informasi, penjurian PRIA 2023 dilaksanakan secara hibrid dengan melibatkan 16 juri mulai dari kalangan praktisi PR senior, jurnalis terkemuka, akademisi senior, hingga PR Gurus.

Platinum Awards PRIA 2023 merupakan apresiasi tertinggi bagi peserta yang berhasil menyapu penghargaan terbanyak di setiap lini kategori PRIA.

Adapun delapan penghargaan yang diraih DPMPTSP Provinsi DKI Jakarta, yakni :

1.Penghargaan Platinum Award (Juara Umum) PRIA 2023 Kategori Pemerintah Provinsi.

2.Terpopuler di Media Cetak & Online Kategori Pemerintah Provinsi.

3.Best Presenter PRIA 2023: Rinaldi, S.I.Kom., M.Si., Subkoordinator Urusan Penyuluhan DPMPTSP Provinsi DKI Jakarta.

4.PR Campaign of The Year: Urus Izin Sendiri itu Mudah, Program Komunikasi Masyarakat Terpadu/Penyuluhan DPMPTSP Provinsi DKI Jakarta.

5.Departemen PR: Kinerja Komunikasi Masyarakat Terpadu Bidang Penyuluhan dan Pengaduan DPMPTSP Provinsi DKI Jakarta.

6.Manajemen Krisis – Kategori Krisis & Pasca Krisis : DPMPTSP Provinsi DKI Jakarta.

7. Program PR – Kategori Digital PR: Layanan Jakarta on TV “Semangat Kolaborasi, Bangun Reputasi” DPMPTSP Provinsi DKI Jakarta.

8. Program PR – Kategori Government PR: Gerai Memulai Usaha “Pendampingan Perizinan UMKM secara end to end process” DPMPTSP Provinsi DKI Jakarta.

210