by

Video Penumpang Berusaha Menyelamatkan Diri Dari Kapal KM Sinar Bangun Yang Tenggelam Di Danau Toba

Samosir OLNewsindonesia – Selasa (19/6)

Masih dalam suasana Idul Fitri 1439 H, namun musibah menimpa penumpang Kapal Motor Sinar Bangun tujuan Tigaras-Simanindo.

Kronologi tenggelamnya KM Sinar Bangun :

  1. Sekitar Pukul : 17.00 WIB, KM Sinar Bangun milik Sagala, warga Galungan, Kabupaten Samosir, yang membawa penumpang kurang lebih 80 orang dan sepeda motor 60 unit berangkat dari Pelabuhan Simanindo menuju Pelabuhan Tigaras.
  2. Sekitar pukul 17.20 WIB KM Sinar Bangun mulai oleng. Sementara itu Kapal KMP Sumut II yang berada tidak jauh, melihat kapal oleng dan melakukan pertolongan, sehingga berhasil diselamatkan 3 orang laki-laki.
  3. KM Cinta Damai membantu pencarian korban, setelah menurunkan penumpang di Pelabuhan Tigaras. Berhasil menyelamatkan penumpang sebanyak 15 orang dan dibawa ke Samosir.
  4. KMP Very Sumut I dan II dan Polisi Air melakukan pencarian dan berhasil menemukan 2 orang penumpang (1 meninggal dunia dan 1 selamat).
  5. 3 orang dirawat di Puskesmas Sipintuangin, 1 orang lagi masih berada di Pelabuhan Tigaras. Sementara korban meninggal dibawa ke RSUD Djasamen Saragih Kota Siantar.
  6. Mengingat situasi ombak besar dan gelap, akhirnya pencarian sementara dihentikan.
Daftar Penumpang Yang Masih Belum Ditemukan
Daftar Penumpang Yang Masih Belum Ditemukan

Sementara itu Plh Gubsu, Sabrina, menyatakan bahwa Data Manifest Penumpang KM Sinar Bangun belum dapat Dipastikan. Dan 350 Personil diturunkan untuk mencari korban yang kemungkinan masih belum dievakuasi. Informasi yang dihimpun, diduduga 130 orang menumpang KM Sinar Bangun.

Daftar Penumpang Yang Belum Ditemukan
Daftar Penumpang Yang Belum Ditemukan

Proses evakuasi masih terus dilakukan hingga hari ini. Dan didapatkan data 65 Keluarga korban sudah melaporkan dan dicatat. Sedang digali informasi lebih lanjut dari tiap-tiap keluarga yang melaporkan kehilangan keluarganya yang diduga menumpang KM Sinar Bangun.

Sempat Beredar Di Internet Foto KM Sinar Bangun Yang Dinyatakan HOAX Kepala Pusat Data dan Informasi BNPB Sutopo Purwo Nugroho
Sempat Beredar Di Internet Foto KM Sinar Bangun Yang Dinyatakan HOAX Kepala Pusat Data dan Informasi BNPB Sutopo Purwo Nugroho

Sempat beredar foto KM Sinar Bangun yang tenggelam di dunia maya, namun dibantah oleh Kepala Pusat Data dan Informasi BNPB Sutopo Purwo Nugroho melalui Twitternya.

Juntak & David

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.